Ini Penjelasan RSUD Al Ihsan Bandung Soal Antrean Ambulans Depan IGD

Antrean ambulans di RSUD Al Ihsan/Ist
Antrean ambulans di RSUD Al Ihsan/Ist

Sebuah video berdurasi singkat memperlihatkan situasi antrean ambulans di halaman RSUD Al Ihsan Baleendah, Kabupaten Bandung.


Dari informasi yang dihimpun, kejadian tersebut terjadi pada pukul 20.30 WIB pada Sabtu (5/6). Diduga, ambulans-ambulans tersebut membawa pasien Covid-19 yang akan berobat di rumah sakit milik Pemprov Jabar itu.

Wakil Direktur Pelayanan dan Penunjang Medik RSUD Al Ihsan, dr. Ferry Achmad Firdaus Mansoer membenarkan kejadian tersebut. Namun, menurutnya tidak semua ambulans yang tiba membawa pasien Covid-19.

"Ambulans datang hampir bersamaan, tapi tidak semua kasus Covid-19. Ada yang bersalin, ada yang demam berdarah, ada yang kasus-kasus lain," ucap Ferry, Minggu (6/6).

"Ya memang kasus Covid-19 meningkat, tapi di sisi lain kasus lain juga bertambah, yang lahir banyak, yang demam berdarah banyak karena musim hujan begini, yang tipes juga banyak," tambahnya.

Dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pasca libur lebaran, pihaknya telah menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai.

"Tadi juga saat ambulans tiba, tim kami segera bergerak cepat untuk memilah dan menurunkan pasien agar bisa ditangani dengan cepat, sekarang kondisinya sudah tenang," katanya.

Menurutnya, RSUD kerap menjadi rujukan dari puskesmas atau unit pelayanan kesehatan yang lainnya.

"Karena sudah langganan mungkin ya, kalau ada sesuatu ke Al Ihsan karena dekat, datanglah bersamaan, jadi kesannya memang seperti yang crowded, seperti ada wabah atau lonjakan besar tapi sebetulnya tidak," jelasnya.

Untuk diketahui, RSUD Al Ihsan tengah merawat 137 pasien. Untuk ruang Covid-19 kuning dari kapasitas 129 tempat tidur, 121 di antaranya telah terisi. Sedangkan untuk ruang Covid-19 merah (ICU) dari 18 tidur telah terisi 16 tempat tidur.

Selain itu, masih ada 19 pasien Covid-19 yang masih berada di posko dan IGD RSUD Al Ihsan.