Intensitas Hujan Tinggi, 3 Desa Di Pamanukan Direndam Banjir Lagi

Banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang/RMOLJabar
Banjir di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang/RMOLJabar

Banjir susulan terjadi di Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang akibat intensitas hujan yang tinggi. Meski tidak separah banjir sepekan lalu, namun tiga desa dikabarkan terendam akibat peristiwa tersebut.


Adapun ketiga desa yang kembali terendam banjir, di antaranya Rancasari, Pamanukan dan Mulyasari. Pada banjir kali ini, tinggi air mencapai selutut orang dewasa.

"Iya betul banjir lagi, tiga desa terendam di Kecamatan Pamanukan. Desa Pamanukan, Rancasari dan Mulyasari, setinggi 10-60 sentimeter," ujar Ketua Tagana Kabupaten Subang, Jajang Muhaemin, Selasa (16/2).

"Warga (saat ini) ngungsi ke mesjid sama ke flyover jalan," imbuh Jajang.

Terpisah, warga terdampak banjir Lutfi (25) mengatakan, banjir susulan yang terjadi bukan dari luapan Sungai Cipunagara, melainkan karena tingginya intensitas hujan.

"Ini banjir yang kedua kalinya terjadi di Pamanukan, berbeda dengan banjir pertama seminggu lalu banjir akibat luapan Sungai Cipunagara, tetapi banjir saat ini akibat curah hujan semalam sangat besar," jelasnya.

Dengan adanya banjir susulan tersebut, Lutfi meminta kepada pemerintah agar memperbaiki saluran air dan memperdalam sungai yang mengalami pendangkalan di sekitar Pamanukan.

"Kepada pemerintah tolong untuk mempersiapkan untuk jangka panjang antisipasi banjir, memperdalam sungai, baik Sungai Cipunagara maupun kali kecil lainnya dan segerakan perbaikan tanggul di Sungai Cipunagara, Desa Rancahilir dan Desa Bongas," ujarnya.