Irawati Hermawan Siapkan Jabar Feeds Indonesia Sebagai Program Unggulan IKA Unpad

Irawati Hermawan Siapkan Jabar Feeds Indonesia Sebagai Program Unggulan IKA Unpad
Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan (kanan) dan anggota Dewan Pembina IKA Unpad Sharif Cicip Sutardjo/RMOL

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo didaulat sebagai anggota Dewan Pembina Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran.


Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan ketika menyampaikan hal ini mengatakan, Cicip akan membantu mempersiapkan program Jabar Feeds Indonesia (JFI) yang akan menjadi salah satu program unggulan IKA Unpad di periode 2020-2024 yang dipimpinnya.

“Fakultas Perikanan, Fakultas Pertanian, FTIP dan Fakultas Peternakan diharapkan menjadi leading sector pengembangan agro complex,” ujar Irawati Hermawan dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (1/10).

“Jawa Barat memiliki potensi luar biasa dalam hal produksi pangan, dengan kota-kota penghasilpangan dan ternak seperti Garut, Limbangan dan Pangandaran,” sambung Irawati yang adalah Managing Partner Kantor Hukum Hermawan Juniarto.

Dia juga mengatakan, program JFI akan diperkuat berbagai ahli dan pakar pangan dan peternakan Jawa Barat seperti Yudi Guntara dan Yudi Ihsan.

Salah seorang kandidat kuat Sekjen IKA Unpad, MQ Iswara juga berasal dari Fakultas Pertanian.

Sementara, sambung Irawati, Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Agus Santoso yang dikenal sebagai peternak domba unggulan menawarkan diri untuk memimpin JFI Center.

“Karena karakteristik kawasan di Jawa Barat dimana ketersediaan lahan tidak begitu banyak, Jawa Barat diharapkan menjadi hub bagi ketersediaan pangan Indonesia bukan hanya dari sisi produksi melainkan juga dengan cara meningkatkan value added dari produksi dari daerah produsen di dalam maupun di luar Jawa Barat,” demikian Irawati Hermawan.