Irawati Hermawan Terpilih Jadi Ketua Umum IKA Unpad Periode 2020-2024

Irawati Hermawan Terpilih Jadi Ketua Umum IKA Unpad Periode 2020-2024

Irawati Hermawan terpilih jadi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2020-2024 setelah menyisihkan lima kandidat lain, yakni Tatan Pria Sudjana, Tasdiyanto, Ary Zulfikar, Hadiyanto, dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah.


Pemilihan Ketua Umum lazim diselenggarakan bersamaan dengn acara Musyawarah Besar IKA Unpad yang kali ini berlangsung di Hotel Banana Inn, Jalan Setiabudi, Bandung, Minggu siang (13/9).

Alumni Fakultas Hukum Unpad pendiri dan Managing Partner Kantor Hukum Hermawan Juniarto itu menyisihkan

Mubes IKA Unpad yang diselenggarakan bersamaan dengan ulang tahun ke-63 Unpad dihadiri 17 Komisariat Fakultas dan 19 Komisariat Daerah. Sedianya pemilihan dilakukan bulan April lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pemilihan ketua umum terpaksa diundur hingga diselenggarakan hari ini.

Sebelum memilih calon ketua umum, peserta Mubes Ika Unpad lebih dahulu menentukan metode pemberian suara.

Secara umum ada dua pandangan yang berkembang. Pertama pemberian suara secara langsung oleh alumni, dan kedua pemberian suara melalui perwakilan mengingat situasi pandemi yang belum dapat diperkirakan akan berakhir sampai kapan.

Di antara dua aternatif itu, juga sempat berkembang usul agar pemberian suara dilakukan dengan sistem e-voting. Namun wacana ini tenggelam dengan sendirinya karena disadari ada begitu banyak ketidaksiapan baik yang terkait dengan data base, teknik pemungutan suara, penghitungan suara, dan hal-hal teknis lainnya.

Dalam pemilihan mengenai metode pemberian suara, sebanyak 25 peserta menyepakati pemberian suara melalui perwakilan, dalam hal ini peserta Mubes IKA Unpad. Sementara 11 lainnnya memilih pemberian suara melalui pemilihan langsung yang diikuti alumni.

Setelah metode pemberian suara melalui pewakilan mendapat suara terbanyak, dua kandidat memilih mengundurkan diri. Keduanya adalah Ary Zulfikar dan Ferry Kurnia.

Ary Zulfikar selama ini mengklaim diri sebagai calon independen. Dengan demikian dia telah memperkirakan dirinya tidak akan mendapatkan dukungan bila pemberian suara dilakukan langsung di arena Mubes Ika Unpad.

Sementara Ferry Kurnia disebutkan mengundurkan diri karena merasa tidak nyaman dengan mekanisme pemilihan sistem perwakilan. Ferry adalah mantan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Menurut Ketua IKA Ilmu Pemerintahan Unpad, Ervik Ari Susanto, seperti dikutip dari Galamedia.Pikiran-rakyat.com, walau mengundurkan diri dari arena pemilihan Ferry Kurnia yang juga alumni IP Unpad tetap menghormati keputusan yang diambil melalui voting peserta Mubes.

Dalam pemungutan suara “putaran kedua” untuk memilih ketua umum, Irawati Hermawan memperoleh 21 suara, diikuti Hadiyanto (11 suara), Tatan (2 suara) dan Tasdiyanto (1 suara). Sementara satu suara memilih abstain.

Irawati dikenal sebagai pengacara dengan spesialisasi di bidang infrastruktur. Istri dari Bagus Karyanegara ini adalah pengacara pertama yang berhasil mentransaksikan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di sektor infrastruktur. Setelah berhasil mentransaksikan proyek air minum Tangerang, Irawati melakukan hal serupa untuk sejumlah proyek mercusuar lain seperti MRT Jakarta dan Palapa Ring Indonesia.

Bersama wartawan senior Teguh Santosa, Irawati Hermawan mendirikan portal alumni Unpad, Unpaders.id. Media yang dipimpin Oky Syeiful Harahap ini menjadi wahana yang mengumpulkan potensi alumni Unpad di berbagai bidang, termasuk UMKM.

Irawati Hermawan juga merupakan salah seorang penasihat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) bersama mantan Menteri Perdagangan Gita Wiryawan dan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan serta sejumlah tokoh lain.

Beberapa waktu lalu Unpaders sukses menggelar "Konser Kemerdekaan" yang digelar secara virtual bersama Studio DSS. Konser yang menampilkan musisi lintas generasi itu berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 210 juta yang akan diberikan untuk keperluan dunia pendidikan Jawa Barat.