Jadi Amirul Hajj, Ridwan Kamil dan Keluarga Dapat Biaya ke Tanah Suci dari Kerajaan Saudi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Net
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Net

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dipilih menjadi amirul hajj alias pemimpin jemaah haji di tahun ini. Mantan Wali Kota Bandung itu direncanakan berangkat ke Mekah, Arab Saudi pada awal Juli mendatang.


"Saya kemungkinan akan jadi amirul hajj. Saya akan berangkat pimpin haji Jabar 17 ribu, awal Juli berangkat," terang Ridwan Kamil di Gedung Sate, Rabu (22/6).

Kang Emil panggilan akrabnya mengaku bahagia bisa menjadi amirul hajj di tahun ini. Sebab, keluarga Ridwan Kamil mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

"Jadi tamu, jadi yang harusnya saya saja. Ternyata, Kerajaan Saudi berbaik hati ke istri saya dan Zara. Kami akan pergi berhaji dengan anggaran dari Kerajaan Saudi," ucap Kang Emil.

Di samping itu, imbuh Kang Emil, keberangkatan dirinya ke tanah suci sebagai amirul hajj telah dianggarkan lewat kedinasan. Akan tetapi, anggaran itu akan dilimpahkannya ke salah seorang pendamping haji.

"Saya ikhlaskan. Saya kasih ke pendamping haji yang belum haji. Ternyata, malah dikasih ganti oleh Kerajaan Saudi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Kang Emil menerangkan, total jemaah haji tahun ini mencapai 17. 593. Jumlah itu sesuai dengan aturan yang telah diterbitkan Kerajaan Arab Saudi karena pandemi Covid-19, satu di antaranya soal pembatasan usia. 

"Semoga bisa melaksanakan haji dengan baik, tidak kekurangan logistik, pulang ke tanah air dengan sehat dan selamat," terangnya. 

Sebagaimana diketahui, pada gelombang satu mulai diberangkatkan dari tanggal 3 sampai 17 Juni 2022 dengan total jemaah 8.484 dan 126 petugas.

Sedangkan, di gelombang kedua mulai diberangkatkan dari tanggal tanggal 18 Juni sampai 2 Juni 2022 dengan total jemaah 9.109 dan 136 petugas.