Jadi Target Tes Covid-19, Ridwan Kamil Minta RT/RW Laporkan Warganya Yang Mudik Saat Lebaran

Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Ist
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/Ist

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menginstruksikan Satgas Covid-19 di 27 kabupaten/kota di Jabar untuk melakukan pengetesan kepada warga yang mudik saat lebaran 1442 kemarin.


"Yang sedang kita waspadai adalah potensi kenaikan pemudik. Oleh karena itu kita melakukan kebijakan yakni mewajibkan RT/RW melaporkan siapa-siapa yang hilang selama lebaran," ucap Emil, sapaan akrabnya, usai Rapat Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi bersama Presiden Jokowi, Senin (17/5).

Emil mengatakan, warga yang tidak ada saat lebaran harus menjadi perhatian dan segera dilakukan pengetesan. Dirinya tidak mau para pemudik ini malah membawa virus ke tempat tinggalnya.

"Artinya dia pulang mudik yang hilang ini harus dilaporkan untuk dijadikan prioritas pengetesan Covid-19 baik Antigen maupun Pcr. Kami tidak mau pemudik datang tidak dilakukan pengetesan khususnya di daerah sumber pemudik Jabodetabek dan Bandung Raya terus berinteraksi dengan wilayahnya dan tiba-tiba terjadi Cluster di pemukiman pemukiman," katanya.

Selain itu, dirinya juga meminta dinas kesehatan untuk kembali memaksimalkan pengetesan para pemudik yang kembali dari kampung halaman setelah lebaran.

"Oleh karena itu TNI Polri masih bertugas melakukan pendekatan kepada mereka yang pola tidak mudik sebelum lebaran dan saat lebaran. Tapi pola mudiknya setelah lebaran, untuk itu selama beberapa hari ke depan kita masih harus stand by," tandasnya.