Jadwal Coblos Pemilih Bakal Digilir Untuk Hindari Kerumunan Di TPS

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menerapkan protokol kesehatan Covid-19 pada hari pencoblosan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang, dengan mengatur jadwal pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menjelaskan, pihaknya akan membuat pemberitahukan jadwal datang ke TPS bagi pemilih yang akan mencoblos melalui formulir C.

"Kita sudah bagi waktunya. Jadi walaupun pemungutan suara itu dimulai dari pukul 07.00-13.00, di dalam formulir C nanti pemberitahuan kita akan buat," ujar Evi, dalam diskusi virtual CSIS, Rabu (14/10).

Sebagai contoh, mantan Anggota KPU Kota Medan tersebut menyebutkan batas waktu yang diberikan kepada pemilih hanya berkisar 1 jam saja.

"Misalnya bisa memilih hanya dari pukul 09.00-10.00, ini dalam rangka mengurangi kerumunan yang berada di TPS," katanya.

Dengan begitu, KPU nantinya akan mensosilisasikan aturan tersebut kepada masyarakat pemilih. Bahkan, aturan tersebut akan dipraktekkan dalam simulasi pencoblosan yang akan dilakukan KPU setiap minggu.

"Jadi ini yang nanti akan kita sosialisasikan agar pemilih memperhatikan formulir C pemberitahuan ini supaya mereka tidak perlu sekaligus ya waktunya," ungkapnya.

"Karena selama praktek kita selama ini kan TPS itu pada pukul 08.00-10.00 itu penuh gitu ya, tapi ini akan kita bagi dalam formulir, jadi sudah diberitahu," tandas Evi.