Jaga Kandungan Pangan, Dispakan Bakal Intensifkan Pelatihan

RMOLJabar. Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung akan terus melakukan berbagai pelatihan menjaga kandungan pangan wilayahnya. Pasalnya, hal itupenting agar pangan yang dihasilkan oleh para produsen aman untuk dikonsumsi.


"Pangan harus terbebas dari pencemaran biologis, kimia, dan zat yang mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia," ungkap Kepala Dispakan Kabupaten Bandung, Dadang Hermawan, Rabu (27/2).

Memastikan kandungan makanan, lanjut dia, merupakan program FAO/WHO di mana telah menyebutkan memperoleh makanan yang bergizi, dan aman itu hak setiap manusia.

"FAO dan WHO juga kan telah sepakat bahwa keamanan pangan (food safety) merupakan komponen terwujudnya sebuah ketahanan pangan (food security)," terang Dadang.

Lebih lanjut, kata Dadang, upaya pelatihan dan kembali mengedukasi produsen sesuai undang-undang no 18 tahun 2012, tentang Pangan sebagai jaminan keamanan pangan.

"Ini juga antisipasi masih banyaknya kasus keracunan bahan pangan dan juga semakin meningkatnya tuntutan publik terhadap makanan sehat dan halal," tandas Dadang. [gan]