Jalan Usaha Tani Perluas Jangkauan Pasar Petani Sukatani

Jalan Usaha Tani Di Purwakarta/RMOLJabar
Jalan Usaha Tani Di Purwakarta/RMOLJabar

Sebelum ada Jalan Usaha Tani (JUT), distribusi hasil panen dari areal pertanian di Desa Cibodas Kecamatan Sukatani, Purwakarta dilakukan dengan cara dipanggul.


Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Sri Jaya Midan melalui Kabid SDP Erlan Diansyah mengungkapkan, dengan pengembangan jalan usaha tani, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayah Kecamatan Sukatani.

"Melaui DAK, kita realisasikan JUT sepanjang 372 meter dengan lebar 1,2 meter yang bisa menjangkau sekitar 25 hektar areal persawahan di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani," kata Erlan kepada awak media, Kamis (21/7).

Menurutnya, pengembangan Jalan Usaha Tani bertujuan untuk mempermudah akses para petani dalam memperluas jalur distribusi hasil pertanian.

"Pembangunan JUT menjadi salah satu program strategis pemerintah. Pekerjaan dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani budi karya dan masyarakat setempat," ujar Erlan seraya mengatakan keberadaan sarana dan prasarana pertanian berpengaruh positif terhadap peningkatan produktivitas petani.

Sementara, Ketua Kelompok Tani Budi Karya Desa Cibodas, Igud mengatakan, dalam konteks sistem pertanian modern, diperlukan penambahan maupun penyempurnaan prasarana dan sarana pertanian yang dapat menunjang usaha tani, mengangkut sarana produksi pertanian dan hasil pertanian, baik dari maupun menuju lokasi.

"Jalan usaha tani ini akan mempermudah akses alat pertanian serta alat angkut lainnya yang dapat menjangkau area persawahan. Jalan pertanian ini akan memutus cost produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani. Terimakasih atas bantuan yang telah direalisasikan untuk kelompok tani di Desa Cibodas," kata Igud.