Jalankan Arahan Ketum Soal Koalisi 2024, Golkar Jabar Siap Jalin Komunikasi dengan PAN dan PPP

Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily/Net
Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily/Net

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat siap menindaklanjuti arahan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto terkait koalisi Bertiga Bersatu dalam menghadapi Pemilu tahun 2024 mendatang.


Koalisi Bertiga Bersatu digagas oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tb. Ace Hasan Syadzily siap menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PAN dan PPP Jabar.

"Pertama tentu sesuai dengan arahan pak ketua umum (Airlangga) ya kita harus mulai juga melakukan pembahasan di tingkat daerah," ujar Ace dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/5).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI tersebut menjelaskan bahwa selama ini Partai Golkar Jabar memiliki hubungan baik dengan PAN dan PPP Jabar. Hal akan menjadi modal penting untuk menjalin kerja sama ke depannya. 

"Kami memang selama ini juga memiliki hubungan yang baik di Jawa Barat ya antara PPP dengan PAN ya. Jadi hubungan baik ini tentu menjadi modal yang sangat penting untuk menyamakan chemistry kami sebagaimana arahan Ketua Umum Partai Golkar itu," katanya.

Ace mengaku masih menunggu arahan pusat terkait langkah apa yang akan dilakukan oleh Golkar Jabar untuk menyukseskan koalisi ini

'Nah tentu kita harapkan bahwa karena yang terjadi di pusat baru langkah awal dari penjajakan koalisi, tentu secara teknis Kami juga nanti akan memastikan terlebih dahulu langkah-langkah teknis langkah-langkah strategis dan taktis apa yang harus kami lakukan untuk melakukan pembicaraan dengan mitra kami PPP dan maupun PAN tersebut," ujarnya.

Namun meskipun masih menunggu arahan dari pusat, Ace mengaku Golkar Jabar akan terus mensosialisasikan Airlangga ke masyarakat Jabar. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan elektabilitas Airlangga.

"Kami sendiri di Golkar Jawa Barat ya terus mensosialisasikan Pak Airlangga terutama di tingkat internal kami agar mesin partai bisa berjalan secara maksimal memperjuangkan Pak Airlangga, mensosialisasikan kepada masyarakat agar elektabilitas dan kualitasnya semakin naik," katanya.

Ace menargetkan partainya bisa memenangkan Pemilu 2024 baik Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Saya kira harus menang, tentunya termasuk juga untuk Pilpres juga kita harus menang. Target kursi nanti akan kita tetapkan di dalam rapat kerja daerah yang akan dilaksanakan pada awal Juni tahun ini. Kita ingin mengembalikan Jawa Barat kembali menguning dengan kemenangan Partai Golkar," pungkasnya. 

Sebelumnya, Airlangga menginstruksikan seluruh jajaran partai Golkar di level Provinsi hingga Kabupaten/Kota untuk bekerja sama dan menjalin komunikasi dengan PPP dan PAN di daerah. 

Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis (12/5) malam. Airlangga meminta para kader Golkar menyusun strategi pemenangan dalam Pemilu 2024.