Jalur Independen, Jalannya Calon Kepala Daerah Idealis

Sutan Aji Nugraha/RMOLJabar
Sutan Aji Nugraha/RMOLJabar

Tidak terasa pesta demokrasi lima tahun akan segera dimulai. Partai politik tengah di sibukan mencari sosok yang tepat untuk di usung sebagai Kepala Daerah dengan berkoalisi dengan partai lain.


Dalam pandangan Pengamat politik Sutan Aji Nugraha, di Pilkada 2024 mendatang tidak menutup kemungkinan ada pasangan calon kepala daerah dari jalur independen.

"Ada jalur alternatif meski berliku dalam pendaftaran Pilkada, memilih lewat jalur independen jadi pilihan satu pasangan, untuk memutus ruwutenya birokrasi politik," ucapnya Senin (26/9).

Secara pribadi, Sutan Aji mengacungkan jempolnya pada orang yang berani maju lewat jalur independen. Dimatanya, orang yang maju dari jalur independen biasanya punya idealisme yang tidak mudah dihancurkan oleh rumitnya birokrasi partai.

"Yang berani maju lewat jalur independen bisa jadi merupakan orang yang berusaha menjadi simbol baru dalam kancah politik," ujarnya.

Meskipun begitu, Sutan Aji menegaskan ada aturan-aturan yang harus ditempuh bagi calon yang niat maju melalui jalur independen. Menurut PKPU 174 tahun 2020 menyatakan bahwa daerah dengan jumlah DPT 250.000-500.000, syarat minimal dukungan sebanyak 8,5 persen.

Daerah dengan jumlah DPT 500.000 - 1 juta syarat minimalnya 7,5 persen, dan 6,5 persen untuk daerah dengan jumlah DPT lebih dari 1 juta. Ini yang harus di perhatikan oleh mereka," paparnya.

Sutan Aji juga mengapresiasi keinginan seseorang terlebih pemuda untuk mengubah kota kelahirannya menjadi lebih baik. Seperti halnya, Jarum.  dua syarat telah dipenuhi, yakni ilmu dan pengalamannya.

"Ada tokoh pemuda Kota yang sudah menyatakan siap maju lewat jalur independen, seperti Jarum. Saya rasa bisa dipenuhi. Mengapa? pertama tokoh pemuda ini memiliki organisasi yang begitu solid dan disiplin. Kedua, mampu mengorganisir kekuatan lainnya sehingga memenuhi syarat tersebut," tuturnya.

Kota Cirebon lanjut Sutan Aji sedari dulu masih wacana perihal calon independen namun dengan adanya keinginan Jarum maju lewat jalur perseorangan, bisa direalisasikan.

"Politik adalah momentum, tinggal Jarum serius atau tidak. Saya percaya kalau ini mampu terwujud. Ciptakan sejarah baru untuk Kota Cirebon," tuturnya