Jawa Timur Berpotensi Jadi Basis Utama Koalisi Indonesia Bersatu

Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadiq/Net
Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadiq/Net

Jawa Timur berpotensi jadi basis utama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam menghadapi Pemilu, Pilpres dan Pilkada tahun 2024. Setidaknya hal itu sudah diawali serangkaian pertemuan yang dilakukan oleh pimpinan Golkar, PAN dan PPP Jawa Timur.


Dari DPD Golkar Jawa Timur diwakili Sarmuji, dan DPW PAN Jawa Timur Ahmad Rizki Sadig dan dari PPP ada Mundjidah Wahab..

“Pada pertemuan sebelumnya, Bu Mundjidah Wahab berhalangan hadir, sekarang lengkap,” kata Ahmad Rizki Sadig, Selasa (14/6).

Setelah pertemuan itu, ujar Rizki, KIB tingkat Jawa Timur merencanakan pertemuan akbar elemen tiga partai anggota KIB, yakni Golkar, PAN dan PPP.

Menurutnya, KIB di Jatim terus melakukan konsolidasi dan telah bersepakat meneruskan koalisi ini hingga tingkat bawah. Pertemuan lanjutan yang digagas direncanakan dihadiri anggota legislatif dan pengurus kabupaten/kota masing-masing partai

Selain itu, tidak menutup peluang koalisi ini bakal berlanjut hingga Pilkada Jatim serentak 2024.

Rizki juga menegaskan bahwa koalisi ini adalah koalisi gagasan yang mengutamakan kepentingan bangsa dibanding persoalan figur siapa yang akan diantar KIB di kontestasi.

Komitmen ini bakal ditularkan hingga ke tingkat kabupaten/kota bahkan bisa sampai mendorong calon di tingkat Pilkada.

"Menurut data kami, ada 28 kabupaten/kota plus 1 gubernur yang secara elektoral persyaratan pencalonan, kami sudah memenuhi syarat. Tapi, kami menunggu hasil Pemilu 2024," jelas Rizki.

Bahkan, Rizki Sadig pun berharap serangkaian kerja politik yang sudah dan akan dilakukan ketiga tokoh tersebut bisa memantapkan Jawa Timur sebagai basis Koalisi Indonesia Bersatu.

"Ini tentu sebagai komitmen kami untuk membumikan kerja-kerja koalisi di daerah, sampai terwujud Jatim Basis KIB,” tutup Rizki.