Jawab Tantangan Dunia Kerja, Lulusan Unjani Diminta Pedomani Semangat Prajurit TNI AD

Ketua Yayasan Eka Paksi Letnan Jenderal Tatang Sulaiman/RMOLJabar
Ketua Yayasan Eka Paksi Letnan Jenderal Tatang Sulaiman/RMOLJabar

Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) ingin mencetak lulusan berkualitas dengan berpedoman pada nilai-nilai TNI AD. Menurutnya, hal itu menjadi modal utama untuk menjawab tantangan dunia kerja di era globalisasi.


Begitu disampaikan Ketua Yayasan Eka Paksi Letnan Jenderal Tatang Sulaiman di sela-sela wisuda Unjani di Hotel Harris, Festival Citylink, Kota Bandung, Sabtu (13/8).

"Ini tanggung jawab TNI AD, Yayasan Eka Paksi dan tentunya pihak Universitas termasuk mahasiswanya. Kita ini dimiliki TNI AD, kita ingin kekhasan yang ada di militer, yaitu disiplin, loyal, dan santun," kata Tatang.

Tatang mengungkapkan, selain modal akademik yang mumpuni, sikap disiplin, loyalitas, dan kesantunan. Pasalnya karakter kerap menjadi penilaian pokok bagi dunia kerja.

"Kalau mereka sudah bagus, mereka siap bersaing dipenugasan, ini ciri khas, materi kepemimpinan bukan berarti militer, mudahan mudahan ini bisa jadi ketertarikan orang kepada Unjani," tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unjani Hikmahanto Juwana mengatakan, dalam wisuda kali ini dalam dua sesi. 

"Jadi ada sebanyak 1.528 wisudawan baik magister, profesi, sarjana dan ahli madya. Kita bagi dua sesi, karena kita gelar secara luring," ucap Hikmahanto.

Hikmahanto menegaskan, nilai-nilai prajurit TNI AD menjadi pedoman yang diterapkan terhadap lulusan Unjani. Pasalnya, selain membangun ciri khas, tuntutan lapangan kerja juga mengarah kepada sikap disiplin, loyalitas, dan kesantunan.

"Unjani sudah mulai berubah dan kita ingin mengidentikkan Unjani yang dimiliki TNI AD ini dengan AD, alumni harus mempedomani prajurit AD, disiplin loyal dan santun di lapangan pekerjaan, inilah yang dicari sebagai karakter lulusan Unjani," tegasnya.

Hikmahanto berharap, lulusan Unjani dapat berkiprah dengan baik. Menurutnya, dengan bekal yang didapat selama menempa ilmu di Unjani, para lulusan dapat menjawab tantangan era globalisasi.

"Harapannya, mereka bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara, mereka jadi pemimpin dengan modal hari ini," tandasnya.