Jelang Kehadiran Jokowi, Pemkot Cimahi Siapkan Sakoci

Pemkot Cimahi menyiapkan armada Saba Kota Cimahi (Sakoci) untuk menyambut Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang akan datang pada Rabu (27/01). Rencananya, kedatangan Jokowi akan didampingi 34 gubernur dan sekira 119 wali kota/bupati se Indonesia.


 

Kunjungan presiden ke-7 RI ke Kota Cimahi sendiri merupakan rangkaian kegiatan Indonesia bebas TBC 2030, penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH), serta dalam rangka pengecekan Curug Jompong, di Nanjung, Kabupaten Bandung.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan mengakui, kehadiran Jokowi bersama jajaran kementerian RI belum bisa dipastikan. Namun, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk menyambut presiden kelahiran Surakarta tersebut.

"Memang kemungkinan itu sore, tapi bisa juga pagi, hanya saja belum pasti. Yang jelas tempat kunjungannya sudah pasti, ke Cimahi Technopark, menyalurkan PKH ke 2.500 keluarga se-Bandung Raya, dan mengecek Curug Jompong," ucap Dikdik ditemui di Pemkot Cimahi, Senin (27/01).

Dikdik memaparkan, dalam kunjungan tersebut Jokowi menginginkan pelayanan di tiap kecamatan, kelurahan, Puskesmas maupun kantor pemerintahan lainnya tetap berjalan sebagaimana biasanya.

"Kebetulan Kantor Kecamatan Cimahi Selatan dan Puskesmas Baros itu ada di ring 1, tapi tetap membuka pelayanan seperti biasa sesuai permintaan presiden. Mungkin kalau Pak Jokowi datang akan dihentikan sebentar," terangnya.

Sementara terkait rekayasa arus lalulintas, kata Dikdik, pihaknya masih menunggu arahan dari pihak kepolisian. Namun, untuk kebutuhan tempat parkir, pihaknya telah berkomunikasi dengan TNI untuk memanfaatkan lahan milik TNI.

"Informasinya arus lalulintas tidak ada pengalihan, tapi kalau Pak Jokowi sudah perjalanan dan mau masuk area kegiatan akan disterilkan dulu. VVIP langsung ke tempat acara, untuk tamu lainnya parkir di lapangan TNI. Nanti menggunakan bus Bandros ke lokasi acara, ada enam yang disediakan serta kendaraan Sakoci untuk antar jemput tamu undangan," paparnya.

Menurutnya, kemacetan lalulintas yang kerap terjadi di Kota Cimahi kemungkinan akan bertambah dengan kehadiran Jokowi. Untuk itu, pihaknya memohon maaf kepada masyarakat yang nantinya terdampak kemacetan.

"Tentunya pasti akan ada kemacetan dan kami minta maaf pada masyarakat serta pengendara yang terdampak. Tapi kedatangan presiden ke sini bentuk apresiasi untuk Kota Cimahi," pungkasnya.