Jelang Ramadhan, 7 Tempat di Karawang Jadi TO Polisi Bersihkan Penyakit Masyarakat 

Aparat gabungan saat melakukan giat bersih-bersih penyakit masyarakat disejumlah THM di Kabupaten Karawang/RMOLJabar
Aparat gabungan saat melakukan giat bersih-bersih penyakit masyarakat disejumlah THM di Kabupaten Karawang/RMOLJabar

Polres Karawang bakal gencar melaksanakan kegiatan bersih-bersih penyakit masyarakat atau Pekat. Hal itu dilakukan dalam rangka cipta kondisi menjelang bulan suci Ramadhan 1444 H.


Alhasil, ada 7 tempat di Kabupaten Karawang yang dibidik aparat gabungan sebagai target operasi atau TO untuk membersihkan sejumlah penyakit masyarakat dalam menghadapi Ramadhan penuh barokah. 

"Ada 7 titik lokasi yang menjadi TO kami dalam pelaksanaan giat Ops Pekat Lodaya kali ini. Dari ke-7 titik lokasi itu, diduga ada beberapa lokasi yang di antaranya kerap dijadikan sebagai tempat untuk kegiatan prostitusi, peredaran miras (minuman keras) hingga peredaran narkotika, termasuk juga dengan peredaran obat-obatan keras terlarang atau OKT," ungkap Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono kepada Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (19/3) dini hari. 

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan Operasi Penyakit Masyarakat atau Ops Pekat Lodaya 2023 tersebut digelar secara kolaborasi yang bersinergitas antar aparat gabungan di Kabupaten Karawang (TNI-Polri, Satpol PP, dan Subdenpom Karawang). Hal ini dilakukan guna terwujudnya tag-line program Ramadhan Barokah. 

"Karenanya, demi mengembangkan tagline program Ramadhan Barokah dengan mewujudkan cipta kondisi di Kabupaten Karawang yang aman dan kondusif, agar masyarakat bisa lebih fokus dan tenang dalam menjalankan ibadah puasa di bulan yang penuh dengan keberkahan ini (bulan suci Ramadan 1444H)" jelas lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2003 itu. 

Lebih lanjut, Wirdhanto mengatakan, giat bersih-bersih penyakit masyarakat tersebut merupakan capaian yang ditargetkan oleh pihaknya. Oleh karenanya, giat Ops Pekat Lodaya 2023 ini bakal digelar secara rutin dengan merazia sejumlah tempat yang sudah ditargetkannya itu, termasuk dengan tempat hiburan malam (THM). 

"Salah satu upaya kami dalam menekan gangguan Kamtibmas yang dipicu berbagai hal, seperti penyakit masyarakat saat menjelang bulan suci Ramadhan 1444H," jelas sosok pria yang meraih penghargaan Adhi Makayasa Akpol pada Tahun 2003 tersebut. 

Apel gelar pasukan dalam rangka Ops Pekat Lodaya 2023 yang dipimpin langsung oleh mantan Kasat Reskrim Polrestabes Makassar tersebut, juga diketahui sebagai kegiatan yang umumnya dilaksanakan secara rutin di setiap malam minggu. 

"Yaitu seperti halnya kegiatan Patroli Presisi Karang Terpadu (Prekat) dan kegiatan Kepung Karawang yang berkolaborasi dengan TNI, Satpol PP, Subdenpom Karawang, dan mitra Kamtibmas," ungkap Mantan Kapolres Garut ini. 

"Bahkan tidak hanya Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) pada malam minggu saja, malah setiap malamnya kami melaksanakan kegiatan-kegiatan serupa untuk mengantisipasi aktivitas yang mencurigakan dan berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas," terangnya. 

Masih dikatakan dia, dalam memberikan arahannya kepada ratusan personel gabungan yang melaksanakan giat Ops Pekat Lodaya 2023 di Kabupaten Karawang ini, dia juga mengimbau untuk tetap saling menjaga kewaspadaan lebih dan terlebih lagi, semuanya bisa saling mengawasi agar giat pelaksanaan bersih-bersih penyakit masyarakat ini bisa berjalan dengan baik serta sukses. 

"Jangan sampai ada pelanggaran dalam melakukan tindakan, semua dilaksanakan sesuai dengan SOP, tolong laksanakan giat ini sesuai dengan aturan yang ada dan hindari tindakan-tindakan arogansi ataupun hal-hal yang bersifat melanggar aturan. Karena pada prinsipnya, kita mencoba untuk mengamankan Kabupaten Karawang sesuai dengan aturan yang ada," pungkasnya. (Gusti Junot)


Berita Sebelumnya

Cinta Cilaka