Jumat Pagi, Bupati Dan Wakil Bupati Karawang Terpilih Akan Dilantik Gubernur Secara Virtual

Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang Terpilih Celllica Nurachadiana-Aep Syaefulloh/Ist
Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karawang Terpilih Celllica Nurachadiana-Aep Syaefulloh/Ist

Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Karawang terpilih hasil Pilkada 2020, Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh akan dilaksanakan pada hari Jumat (26/2) pagi.


Hal tersebut sesuai dengan Surat Menteri Dalam Negeri, melalui‎ Direktorat Jenderal Otonomi Daerah nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 hal Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Walikota melalui media teleconference dan/atau video conference. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala‎ Dinas Komunikasi dan Informatika Karawang, Asep Aang Rahmatullah menjelaskan, Bupati dan Wakil Bupati Karawang terpilih akan dilantik langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara virtual. 

Hal ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Karena biasanya pelantikan Kepala Daerah akan menimbulkan kerumunan oleh masyarakat yang hendak menyaksikan.

"Gubernur tetap di Bandung, sementara Bupati-Wakil Bupati di kota atau kabupaten masing-masing. Pelantikan berlangsung secara virtual. Meski virtual, namun proses tetap khidmat," kata Asep Aang, Selasa (23/2).

Pelantikan akan berlangsung di Gedung Paripurna DPRD Karawang dan hanya dapat dihadiri sebanyak 25 orang saja. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pelantikan dapat melihat melalui video live streaming yang disiarkan melalui akun youtube 'Diskominfo Kabupaten Karawang'. 

"Pembatasan peserta yang hadir tersebut sesuai dengan lampiran Surat Menteri Dalam Negeri, melalui‎ Direktorat Jenderal Otonomi Daerah nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021, yang menjelaskan jumlah kehadiran para pihak secara fisik pada tempat pelantikan paling banyak sejumlah 25 orang diantaranya kepala daerah/wakil kepala daerah terpilih yang akan dilantik, keluarga inti, Forkopimda dan kelengkapan acara dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelasnya.

Karena lanjut dia, Kabupaten Karawang minggu ini berada pada zona orange dalam peta kewaspadaan Covid-19. Sehingga protokoler pelantikan harus berpedoman pada surat Mendagri sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. 

Setelah proses pelantikan dilaksanakan, dilanjutkan dengan prosesi serah terima jabatan dari Plh Bupati Karawang ke Bupati/Wakil Bupati Karawang yang telah dilantik.

"Rangkaian acara tersebut ditargetkan selesai sebelum Shalat Jum’at," pungkasnya.