Jumlah Pendaftar PPDB Diprediksi Meningkat, Disdik Kota Cimahi Siapkan 8.000 Kuota SD 

Ilustrasi PPDB/Net
Ilustrasi PPDB/Net

Sebanyak 7.800 hingga 8.000 kuota atau daya tampung siswa untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) disiapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.


Ribuan kuota untuk penerimaan PPDB 2022 tersebut disediakan Disdik Kota Cimahi dengan menyesuaikan perkiraan jumlah anak usia sekolah.

Dalam penerimaan PPDB 2022 di Kota Cimahi, berbagai jalur bisa ditempuh para calon siswa. Mulai jalur zonasi, afirmasi, prestasi hingga perpindahan orang tua.

"Kuotanya kita siapkan sekitar 7.800-8.000. Karena jumlah anak usia sekolahnya ada sekitar 7.800-8.000 anak," kata Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono, Senin (13/6).

Harjono memperkirakan jumlah anak yang masuk SD akan meningkat dibanding dua tahun terakhir. Sebab sebelumnya, tak sedikit orang tua menunda anaknya masuk sekolah akibat pandemi Covid-19.

"Kita bisa pahami dua tahun terkakhir banyak orang tua yang meng-hold anak masuk SD karena daring. Tapi kan tahun ini sudah PTM," ujar Harjono.

Sementara untuk daya tampung Sekolah Menengah Pertama (SMP), Harjono menyebut, tak seimbang dengan jumlah lulusan SD. Pasalnya, daya tampung SMP Negeri di Kota Cimahi hanya sekira 4 ribu siswa.

"Sementara lulusan SD ada sekitar delapan ribu. Lalu sekolah swasta terbatas untuk sekira tiga ribu anak," kata dia.

"Tapi kan delapan ribu ini belum tentu semuanya akan sekolah di Cimahi. Bisa saja ada yang ke pondok, boarding school dan sebagainya," tandasnya.

Diketahui, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai dibuka Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi sejak Senin (13/6) kemarin. Di tahun ini, PPDB di Kota Cimahi dibagi menjadi dua tahap.

Pada tahap pertama, PPDB di Kota Cimahi dibuka untuk jalur afirmasi, prestasi dan perpindahan orang tua/wali hingga 15 Juni 2022. Sedangkan tahap kedua untuk jalur zonasi, pada 27 Juni mendatang.