Kabupaten Bogor Diterjang Banjir Bandang, Seorang Warga Ditemukan Tewas

Petugas gabungan saat mengevakuasi korban banjir bandang di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6)/Ist
Petugas gabungan saat mengevakuasi korban banjir bandang di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6)/Ist

Peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, pada Rabu (22/6), menyebabkan seorang warga meninggal dunia dan satu lainnya hilang.


Berdasarkan laporan terkini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, jenazah korban ditemukan tim evakuasi gabungan dalam kondisi tertindih material.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan, korban meninggal setelah diduga terseret arus banjir bandang. Sedangkan satu warga yang hilang hingga saat ini masih dalam pencarian.

Dikatakan Muhari, BPBD Kabupaten Bogor mencatat, sedikitnya ada 20 KK terdampak dan 52 KK/172 jiwa terpaksa harus mengungsi.

"Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu juga menyebabkan 18 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak ringan dan 4 jembatan putus," jelas Muhari, Kamis (23/6).

Sedangkan hasil laporan visual di lapangan menunjukkan tim gabungan harus berupaya melewati lereng sungai yang mengalami longsor untuk mencapai titik lokasi permukiman warga terdampak.

"Sulitnya medan yang dilalui menjadi kendala dalam proses evakuasi dan kaji cepat," pungkasnya, diwartakan Kantor Berita Politik RMOL.