Kabupaten Kuningan Masuk Kawasan Rebana Metropolitan Jabar

Bupati Kuningan, Acep Purnama dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil/Ist
Bupati Kuningan, Acep Purnama dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil/Ist

Bupati Kuningan, Acep Purnama menyambut baik agenda West Java Investment Summit (WJIS) 2020, yang  di langsungkan di Ballroom Hotel Savoy Homann Jl. Asia Afrika No. 112 Bandung, Senin (16/11). 


"Kami mengetahuinya, bahwa ini merupakan kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar menggelar West Java Investment Summit (WJIS) 2020,” kata Acep Purnama dalam keterangan persnya. 

Ia menerangkan, WJIS 2020 merupakan forum investasi yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha dan investor untuk berdiskusi mengenai berbagai hal teknis terkait proyek investasi di Jabar.

“Kehadiran kami adalah dalam rangka penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan tujuh kepala daerah yang berada di kawasan investasi Rebana Metropolitan,” terangnya.

Adapun ketujuh kepala daerah tersebut meliputi Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupatan Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kota Cirebon.

“Diketahuinya itu ada sebanyak 696 investor dari sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika Serikat, Prancis, Singapura, Malaysia, dan Finlandia, mengikuti West Java Investment Summit (WJIS) 2020,” ujarnya.

Dalam laporan tadi, kata Acep, selain Rebana Metropolitan itu ada proyek investasi di bidang perdagangan, pariwisata, dan infrastruktur. 

“Kami atau daerah Kuningan ikut di dalamnya dan berkolaborasi di program tersebut," katanya.

Sesuai arahan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, kawasan Rebana pun menjadi salah satu dari tujuh ekonomi baru di Jabar. Ekonomi baru Jabar diharapkan menjadi solusi dari dinamika dan masalah pembangunan di provinsi seluas 35 ribu kilometer persegi dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa ini. 

Semakin memantapkan asa menuju kawasan ekonomi baru Jabar itu, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemda Provinsi Jabar dan tujuh kepala daerah terkait Rebana Metropolitan pun akan dilakukan di hari pertama WJIS 2020.