Kata Jokowi, Tahun Depan Ekonomi Nasional Bisa Tumbuh 5,3 Persen

Presiden Joko Widodo Beserta Isteri/Net
Presiden Joko Widodo Beserta Isteri/Net

Presiden Joko Widodo masih berani menargetkan ekonomi nasional di tahun 2023 bisa tumbuh di angka 5,3 persen ditengah memburuknya situasi ekonomi dunia akibat pandemi Covid-19 dan perang Ukraina dan Rusia.


Jokowi menjelaskan untuk mencapai target tersebut pemerintah akan melakukan ekspansi produksi yang konsisten akan terus didorong untuk membuka lapangan kerja sebanyak- banyaknya. Berbagai sumber pertumbuhan baru harus segera diwujudkan.

Selain itu, kata dia,  pemerintaha akan terus mempercepat agenda reformasi struktural sebagai bagian dari transformasi perekonomian.

"Investasi harus dipacu serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar global, harus ditingkatkan,” ujar Jokowi dalam pidato RAPBN 2023 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (16/8).

Menurutnya, dengan semakin kuatnya sektor swasta sebagai motor pertumbuhan, maka manajemen kebijakan fiskal dapat lebih diarahkan untuk menciptakan keseimbangan.

Ruang keseimbangan yang dimaksudkan, antara perbaikan produktivitas dan daya saing. Secara teknis dengan cara menjaga kesehatan dan keberlanjutan fiskal untuk menghadapi risiko dan gejolak di masa depan.

"Bauran kebijakan yang tepat, serta sinergi dan koordinasi yang semakin erat antara otoritas fiskal, moneter, dan sektor keuangan akan menjadi modal yang kuat dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional,” tutupnya.