Kebut Persiapan PTM, Pemkot Bandung Selesaikan Vaksinasi Guru Bulan Mei

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial/RMOLJabar
Wali Kota Bandung, Oded M. Danial/RMOLJabar

Sejumlah persiapan untuk mendukung Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dilakukan Pemkot Bandung. Saat ini, Pemkot terus mengebut proses vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) demi kematangan PTM terbatas Juli mendatang.‎


"Terkait kegiatan persiapan PTM terbatas di Kota Bandung, dapat kami laporkan, sesuai dengan surat edaran bersama Menkes, Menag, dan Mendagri bahwa prioritas alokasi vaksin yang diterima daerah salah satunya untuk vaksinasi PTK," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Jumat (9/4).

Oded mengungkapkan, total sasaran PTK yang telah melakukan registrasi vaksin ada sebanyak 35.904 orang. Jumlah tersebut merupakan PTK yang bersumber dari Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama.

"Sumber data Disdik memiliki sasaran 33.886 orang dan dari Kemenag sebanyak 2018 orang, total 35.904, saat ini yang sudah divaksin 2.200 PTK," ungkap Oded.

"Sasaran vaksin itu PTK jenjang SD, SMP,SMA, RA, MI, MTS, MA/MAK yang berlokasi di Kota Bandung," imbuhnya.‎

Oded menegaskan, pihaknya terus berkomitmen untuk menjamin kenyamanan dalam penyelenggaraan PTM. Oleh karena itu, ia menargetkan proses vaksinasi bagi PTK selesai bulan Mei 2021.

"Target vaksinasi selesai bulan Mei, kita vaksinasi PTK serentak dilaksanakan di 30 kecamatan," tegasnya.

Oded menambahkan, keputusan menggelar PTM telah melalui proses kajian dan diskusi secara komprehensif. Bahkan, untuk menjaring aspirasi terkait PTM, pihaknya telah menggelar Forum Group Discussion (FGD) yang dihadiri 66 organisasi maupun perorangan.

"Telah terjadi kesepakatan bahwa PTM ini dapat dilaksanakan dengan beberapa stakeholder, Perwakilan Komisi D DPRD, PGRI, AKSI, FAGI, dan lain-lain, hal ini juga berdasarkan hasil FGD tanggal 7 April 2021," tandasnya.‎