Kematian Akibat Corona Terbanyak Di ASEAN, Ilmuwan UI Desak Presiden Terapkan PSBB Skala Nasional

Ilmuwan Universitas Indonesia (UI) mendesak Presiden Joko Widodo untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disemua provinsi.


"Pak Jokowi, pilihan Negara Indonesia di respons Pandemik Covid-19, sekarang tinggal satu yaitu Pembatasan Sosial Berskala (PSBB) Nasional dibarengi mitigasi sosial-ekonomi dan psikologis," demikian saran yang disampaikan Ahli Epidemiologi dan Biostatistik FKM UI, Pandu Riono melalui akun Twitter pribadinya yang di beritakan Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (23/4).

Menurutnya, saat Indonesia berada di peringkat kedua diantara Negara-negara ASEAN dengan jumlah kasus virus corona baru (Covid-19) terbanyak dibawah Singapura. Namun untuk jumlah kematian, Indonesia paling tinggi di antara negara ASEAN lainnya.

Selain itu menurut Pandu, perlu juga pendidikan kepada masyarakat yang mengajak rakyat bersama untuk menahan diri selama satu bulan ini.

"Respons Pandemik Covid-19 di Indonesia harus dilaksanakan secepat-cepat dan diselesaikan dengan seksama dan dalam tempo singkat agar Keselamatan Bangsa Indonesia jadi prioritas Utama sesuai dengan Pembukaan UUD45," tegasnya. Untuk diketahui, peringkat ketiga dibawah Indonesia jumlah kasus Covid-19 terbanyak adalah Filipina disusul Malaysia dan Thailand.