Kembangkan Prestasi dan Talenta Peserta Didik Indonesia, Puspresnas Ajak Unpad

Ilustrasi Unpad/Net
Ilustrasi Unpad/Net

Universitas Padjadjaran (Unpad) diajak berperan aktif dalam melakukan pengembangan prestasi dan talenta peserta didik Indonesia. Peran aktif itu diharapkan dapat mencetak talenta yang mampu berprestasi di tingkat nasional ataupun dunia.


Ajakan itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi.

Dalam mendukung program Manajemen Talenta Nasional Kemendikbudristek, pihaknya memerlukan kolaborasi dan konsolidasi dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi.

"Kami undang Unpad untuk kita bisa bicarakan, sebetulnya talenta unggul itu apa, kita bentuk barisan, barisannya apa saja dan orientasi pembangunannya seperti apa,” kata Asep.

Konsolidasi dilakukan supaya prestasi yang dihasilkan peserta didik bisa berkontribusi besar dalam penciptaan SDM unggul di Indonesia. Diakui Asep, banyak prestasi, riset, serta inovasi yang sudah dihasilkan mahasiswa Indonesia.

Beberapa di antaranya dipamerkan serta menjuarai kompetisi ilmiah tingkat nasional maupun internasional. Akan tetapi, masih sedikit karya ilmiah itu yang benar-benar diaplikasikan untuk kepentingan masyarakat.

“Banyak hasil-hasil inovasi yang juara di Pimnas. Selain itu, pemerintah juga banyak memberikan beasiswa studi di luar negeri. Lalu sekarang perannya apa, mereka (penerima beasiswa) diarahkan ke mana, itu jadi sisi gelap juga,” ujar Asep.

Alumnus Unpad ini menjelaskan, untuk mengatasi problematika tersebut, konsolidasi diperlukan supaya setiap institusi pendidikan punya orientasi yang jelas dalam pengembangan talentanya.

“Sehingga nanti kita bisa bagi-bagi tugas. Nanti Unpad mau cetak apa, perguruan tinggi lain mau cetak apa,” jelasnya.

Asep menekankan, pengembangan prestasi peserta didik tidak hanya untuk lingkup akademik. Untuk itu, melalui ajang Pilmapres tahun ini, pihaknya telah menambah kategori prestasi di luar akademik tetapi mampu mengharumkan nama almamater maupun bangsa.  

Selain itu, pihaknya juga mengembangkan kurasi prestasi, berupa mekanisme pemberian insentif atau rekognisi kepada peserta didik yang berprestasi di semua bidang yang tidak diselenggarakan Puspresnas.

Dalam kunjungan ini, Asep juga mengajak Unpad untuk berpartisipasi menjadi tuan rumah dalam ajang pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional yang diselenggarakan Puspresnas.

"Kami mendorong Unpad hadir di antara agenda-agenda itu,” ujarnya seperti dimuat laman Unpad, Selasa (22/3).