Kepala Bappenas Canangkan Hari Pembangunan Berkelanjutan Nasional

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Manoarfa mencanangkan Hari Pembangunan Berkelanjutan Nasional.


Menteri Suharso menggandeng dua Duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia, Billy Mambrasar dan Vania Herlambang pada acara yang digelar secara virtual tersebut.

Billy  mengatakan, anak muda Indonesia harus terlibat dalam percapaian target SDGs di Indonesia. Sebagai Duta SDGs, dirinya juga fokus terhadap pembangunan berkelanjutan pada kewirausahaan, pendidikan dan juga daerah 3T.

Sementara Vania Herlambang menceritakan awal mula ketertarikannya pada isu pembangunan berkelanjutan.

"Saya mengetahui sustainable development goals saat dosen saya menjelaskan pengelolaan limbah saat saya masih di bangku kuliah itu,” ujar Vania dalam keterangannya, Jumat (25/6).

Sejak saat itu, Vania mengaku selalu memilih kegiatan yang berkaitan dengan TPB/SDG, terkhusus mengenai lingkungan dan sustainable life style seperti menggunakan totebag, tumbler dan lain sebagainya.

Bagi Vania, sutainability adalah bagaimana caranya kita menciptakan tempat hidup kita sekarang ini lebih baik agar long last dan bisa dinikmati oleh anak cucu .

Lebih lanjut, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa menyampaikan kiat–kiat menjadi sumber daya manusia yang unggul dengan menerangkan beberapa tips. Salah satunya adalah mengenai menghadapi perubahan.

"Perubahan itu sifatnya tetap tetapi frekuensinya berbeda, perlu adanya adaptasi agar ada certain domain yang besar kedepannya," kata Suharso.

Suharso juga memberikan motivasi untuk para pemuda di Indonesia, terkhusus untuk para pemuda di Papua agar terus mengejar mimpi dan dapat berprestasi dengan cara memberikan beberapa contoh pemuda Papua yang telah memiliki prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Diketahui bahwa para duta SDGs dan Menteri PPN/Kepala Bappenas telah melakukan diskusi beberapa minggu lalu untuk mencanangkan Hari Pembangunan Berkelanjutan Nasional.

Oleh karena itu, Billy Mambrasar sebagai Duta SDGs dan juga sedang mengemban amanah sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia menyampaikan hal tersebut pada kesempatan Webinar ini.