KNPI Minta Bupati Ciamis Terbitkan Aturan Optimalisasi Pemakaian Produk Khas Daerah

Ketua KNPI Ciamis Tohirin (tengah) Bersama Bupati dan Wakil Bupati Ciamis/RMOLJabar
Ketua KNPI Ciamis Tohirin (tengah) Bersama Bupati dan Wakil Bupati Ciamis/RMOLJabar

DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ciamis meminta Herdiat Sunarya segera menerbitkan Peraturan tentang optimalisasi pemakaian produk, fasilitas, dan sarana prasarana.


Ketua DPD KNPI Ciamis Tohirin menjelaskan, aturan tersebut bertujuan agar masyarakat maupun tamu undangan yang berkunjung ke Tatar Galuh ini lebih menggunakan produk lokal ketimbang luar daerah Ciamis.

"Misalnya, tamu studi banding atau kunjungan kerja yang datang ke Ciamis diwajibkan untuk menginap di Ciamis," kata Tohirin pada Kamis (11/8).

Karena itu, dia menegaskan berkenaan dengan kebutuhan fasilitas hotel berstandar bintang tiga atau bahkan bintang lima harus segera terpenuhi.

Menurutnya, untuk membangun hotel berstandar bintang lima itu tidak harus menarik investor baru. Bisa saja, tegas dia, dipenuhi oleh para pemilik hotel yang sudah beroperasi.

"Pemerintah Kabupaten Ciamis mewajibkan kepada para pemilik hotel yang sudah beroperasi ini untuk mengadakan beberapa kamar VVIP. Tentu saja dengan standar hotel bintang lima," ujar dia.

Sehingga, lanjut Tohirin, ketika pemakaian kamar tersebut belum maksimal. Maka dapat dilakukan subsidi operasionalnya. Yakni melalui kamar dengan standar Melati yang cukup bagus di Kabupaten Ciamis.

Tohirin mengungkapkan, pihak DPD KNPI Kabupaten Ciamis telah menyampaikan harapan tersebut kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pada gelaran audiensi, 9 Agustus 2022 kemarin.

Herdiat mengaku, pihaknya sudah menerima masukan dari para pengurus KNPI Ciamis. Menurut dia, ia sangat terbuka dengan apa yang disampaikan oleh KNPI.

"Saya sangat menerima segala masukan dari KNPI Ciamis," kata dia.