Konfercab PCNU Kuningan Bakal Lahirkan Ketua Tanfidziyah Baru

Ketua Panitia Konfercab XVIII NU Kuningan, Muplihudin/RMOLJabar
Ketua Panitia Konfercab XVIII NU Kuningan, Muplihudin/RMOLJabar

Konferensi Cabang (Konfercab) XVIII Nahdlatul Ulama Kabupaten Kuningan akan digelar mulai tanggal 18-20 Agustus 2022. Salah satu agendanya, memilih Ketua Tanfidziyah baru.


Diungkapkan Ketua Panitia Konfercab XVIII NU Kuningan, Muplihudin, acara dimulai dari 18 Agustus  dengan melakukan kegiatan Bahtsul Masa'il yang bertempat di pondok pesantren Syamsul Huda oleh Lembaga Bahtsul Masa'il.

"Besok Hari Jumat (19/8) ada kegiatan Lomba Pidato Kebangsaan, Sima'an Akbar dan Munajat Qur'ani dalam rangka tasyakuran kemerdekaan RI dan memeriahkan Konfercab XVIII NU Kuningan," ujarnya Empu sapaan akrabnya kepada kantor berita RMOLJabar, Kamis (18/8).

Selain itu, Emup memaparkan pada Sabtu (20/8) akan di isi seminar pendidikan bertempat di aula SMA Negeri 3 Kuningan, dan Bazar. Kemudian, pembukaan Konfercab XVIII NU bertempat di Gedung Wisma Permata dengan tema 'Meneguhkan Ukhuwah, Menggapai Barokah Menuju Kemandirian Jami'iyyah'.

Adapun dalam Konfercab, lanjut Emup, pada sidang pleno satu dijadwalkan pembahas jadwal acara dan tata tertib konfercab.

"Sidang pleno dua, dibagi beberapa komisi dengan membahas ke Organisasi, program kerja, rekomendasi dan Bahtsul Masa'il. Selanjutnya, sidang pleno tiga yakni sidang-sidang komisi dan pengesahan serta penyesuaian hasil sidang komisi," paparnya.

Kemudian, Emup menerangkan, pada sidang pleno keempat, penyampaian laporan pertanggungjawaban PCNU masa khidmat 2017-2022.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sidang pleno kelima dengan beberapa point seperti pandangan umum majelis Wakil Cabang NU, jawaban atas pandangan umum MWCNU (Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama), dan pengesahan laporan pertanggungjawaban PCNU Kuningan.

"Pada sidang pleno keenam, pemilihan Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah. Pertama, Pendemisioneran PCNU masa Khidmat 2017-2022. Kedua pemilihan Rois Syuriah dengan penetapan Ahlul Halli Wal Aqdhi (AHWA), pemilihan calon Rois Syuriah oleh AHWA," ujarnya.

Setelah itu, kata Emup, pengesahan dan penetapan Rois Syuriah PCNU Kuningan masa Khidmat 2022-2027 hasil pemilihan oleh AHWA.

Dan dilanjutkan dengan pemilihan ketua Tanfidziyah, diantaranya  penetapan bakal calon Ketua Tanfidziyah, pemilihan calon ketua Tanfidziyah serta pengesahan dan penetapan ketua Tanfidziyah Kuningan masa khidmat 2022-2027.