Korlantas Polri Prediksi Volume Kendaraan Mudik Lebaran Meningkat

RMOLJabar. Di musim mudik Lebaran 2019 nanti, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Refdi Andri memprediksikan jumlah volume kendaraan yang akan mudik ke kampung halaman akan meningkat, baik kendaraan yang melalui ruas tol, maupun non tol.


Hal tersebut itu diungkapkannya usai meninjau Terminal Harjamukti Kota Cirebon, dalam rangka mengecek kesiapan menghadapi musim mudik Lebaran 2019, Kamis (25/4).

Prediksi jumlah kendaraan mengalami peningkatan baik pada tol, maupun ruas non tol,” terangnya.

"Adapun estimasi peningkatannya, adalah sekitar 30%, seperti yang sudah dirapatkan dengan Kementerian Perhubungan RI. Hal tersebut dikarenakan bertambahnya kendaraan setiap tahun. Dan juga, animo masyarakat dalam pergerakan mudik ini menjadi sangat luar biasa dalam menggunakan kendaraan darat, baik sepeda motor, maupun mobil," papar Refdi.

Bertambahnya jumlah kendaraan dan animo masyarakat yang tinggi dalam mudik ini yang menyebabkan bertambahnya prediksi jumlah kendaraan yang mudik,” tuturnya.

Meskipun begitu, lanjutnya, nantinya akan dihitung-hitung berapa hasil riil angka yang didapat, terkait kenaikan jumlah angkutan yang mudik ini.

Untuk itu, demi kesiapan menghadapi naiknya jumlah volume kendaraan, pihaknya sudah melakukan survei oleh masing-masing perangkat yang ada di kewilayahan, seperti Pada dan Polda, untjk melakukan komunikasi dengan unsur Kementerian Perhubungan RI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Bappeda, dan PU. Semuanya akan melakukan penelitian, survei, dan penilaian terhadap jalan yang ada di provinsi, kabupaten, maupun kota. 

Kita akan hitung-hitung berapa jumlah riilnya,” pungkasnya. (din)