Korsel Dan AS Siap Salurkan Bantuan Vaksin Covid-19 Untuk Korut

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Korea Selatan memastikan akan memberikan bantuan vaksin Covid-19 terhadap Korea Utara. Namun, bantuan bakal diberikan apabila Korea Utara bersedia menerimanya.


Hal tersebut dikatakan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dalam konferensi pers bersama rekannya dari Austria Kanselir Alexander Van der Bellen setelah pertemuan puncak di Wina, Senin (14/6).

“Korea Utara akan menjadi salah satu negara untuk kerja sama (vaksin). Jika Korea Utara sepakat, kami akan secara aktif melanjutkan bantuan vaksin ke Korea Utara. Pemerintah AS juga secara aktif mendukung bantuan kemanusiaan ke Korea Utara," ujar Moon.

Pada konferensi pers bersama di Washington bulan lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan dirinya dan Moon tetap sangat prihatin dengan situasi di Korea Utara. Biden mengatakan akan mengirim utusan khusus baru ke Korea Utara untuk membantu memperbarui hubungan.

"Biden mengirim pesan kuat bahwa Biden menginginkan pembicaraan dengan Korea Utara. Kita berharap Korea Utara menanggapi ini,” imbuh Moon.

Moon juga mengatakan, Biden menyatakan dukungannya untuk pembicaraan dan kerja sama antar-Korea, yang membantu mengarah pada pembicaraan baru antara AS dan Korea Utara.

Diberitakan Associated Press, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pidatonya baru-baru ini mengatakan kombinasi Covid-19, sanksi ekonomi, dan bencana alam membuat negara itu menghadapi salah satu situasi terburuk.