KPU Kuningan Tegaskan Calon Badan Adhoc Harus Penuhi Syarat Kesehatan

Ilustrasi KPU/RMOL
Ilustrasi KPU/RMOL

Dalam rangka pembentukan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), KPU kabupaten Kuningan menggelar rapat koordinasi sosialisasi dan fasilitasi pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Ketua KPU Kuningan, Asep Z. Fauzi melalui Ketua Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Dudung Abdu Salam menerangkan bahwa untuk anggota Badan Adhoc di kecamatan jumlah perkecamatannya yaitu 5 orang dikali 32 kecamatan di Kuningan totalnya sebanyak 160 orang. 

"Untuk PPSnya itu di Kuningan ada 376 Desa/Kelurahan sehingga di kali 3 itu totalnya 1.128 orang. Sementara untuk KPPS nanti kita menyesuaikan dengan jumlah TPSnya," terang Dudung kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (22/11) di Wisma Permata Kuningan. 

Perhari kemarin, Dudung mengatakan sekitar 760 yang terdaftar melalui SIAKBA. Walaupun memang beberapa klasifikasi ada yang sudah lengkap ada yang memang masih perbaikan gitu. 

"Tapi ya kita akumulasi berdasarkan pendaftar mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, karena masih ada juga yang mendaftar di rentang waktu pukul 18.00 WIB sampai ke malam," kata Dudung. 

Disinggung soal server down, Dudung mengungkapkan bahwa hal ini memang menjadi problem di Kabupaten/kota, karena servernya terpusat di KPU RI. 

"Tapi kamipun maksimalkan komunikasi, misalkan ketika hari kemarin hari pertama itu kan sempat down sampai pukul 14.00 WIB itu tetap ada informasi dari KPU. Tetap muaranya karena kita sebagai implementator tidak punya server sendiri jadi menunggu arahan ataupun tetap konsultasi ke KPU RI," ungkapnya. 

Sementara kaitan petugas PPK pemilu 2019 banyak yang meninggal, Dudung menjelaskan sesuai arahan KPU RI bahwa kedepan itu ada covering asuransi yang meninggal. 

"Namun, secara besarannya saya belum lihat. Yang jelas antara yang meninggal sakit, baik karena sakit ringan, sedang ataupun lainnya itu ada covering ini asuransinya gitu," jelasnya.

Adakah syarat khusus bagi calon anggota badan adhoc terkait kesehatan, Dudung menegaskan bagi para pendaftar itu wajib surat kesehatan yang memuat 3 unsur mulai dari tekanan darah, kadar gula darah hingga Kolesterol. 

"Nah yang sudah mendaftar juga ada yang belum memenuhi surat kesehatan 3 unsur itu," tegasnya. 

Selanjutnya, Dudung berharap sejauh ini pihaknya mengedepankan prinsip-prinsip yang menjadi landasan penyelenggara yakni Mandiri dan  integritas.