Kunjungi KPU Jabar,  Anggota DPR RI Ingin Pastikan Pilkada Serentak 2020 Berkualitas

Isi masa reses, Komisi II DPR RI hari ini kunjungi Kantor KPU Jawa Barat untuk melakukan monitoring persiapan Pilkada Serentak 2020.


"Secara keseluruhan terkait Pilkada, kesiapan KPU sebagai penyelenggara untuk 8 kabupaten kota yang ada di Jawa Barat baik. Secara teknis dari mulai tahapan MPHD yang lain lain itu sudah siap dan tidak ada persoalan apapun," demikian dikatakan Saan Mustofa, Wakil ketua komisi II, kepada awak media di Aula KPU Jawa Barat Jalan Garut, Rabu (18/12).

Menurutnya saat ini Pemilu di Jawa Barat sudah berlangsung secara baik, sehingga yang terpenting saat ini bagaimana Pilkada bisa lebih berkualitas lagi. Salah satu indikatornya, sebut Saan, Pilkada melahirkan kepala-kepala daerah yang berintegritas.

"Maka kami dan KPU memiliki komitmen yang sama bagaimana bagaimana mewujudakan Pilkada yang berkualitas. Itu bisa terjadi, yaitu Pilkada yang efesien, efektif, transparan, jujur dan adil yang itu juga tentu posisi penyelenggara  menjadi penting, netralitas, independensi,  kredibilitas, dan integritas jadi taruhan untuk terciptanya pilkada yang berkualitas," ujar Saan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih di Jawa Barat yang relatif bagus dan naik dari tahun ke tahun.

"Partisipasinya naik terus bahkan sesuai target rata-rata nasional. Kenaikan tingkat partisipasi tentu harus ditopang dengan tingkat kualitas," tutup Saan.