Kurangi Mobilitas Masyarakat, Pelayanan SIM Keliling Jadi Solusi Polres Ciko Saat Pandemi

Muhammad Ayip Fathuroman (27), warga yang tengah melakukan perpanjangan SIM/RMOLJabar
Muhammad Ayip Fathuroman (27), warga yang tengah melakukan perpanjangan SIM/RMOLJabar

Pengajuan pelayanan SIM keliling dapat diajukan Pemerintah Desa yang berada di wilayah hukum Polres Cirebon Kota (Ciko). Selain mempermudah masyarakat, langkah tersebut sekaligus untuk meminimalisasi kerumunan di masa pandemi Covid-19.


Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas AKP La Ode Habibi Ade Jama melalui Bintara Urusan SIM Satuan lalu lintas Polres Cirebon Kota, Aipda Beben Subagja, ditemui disela pelayanan SIM Keliling di Desa Banjarwangunan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Selasa (4/4).

“Pelayanan SIM keliling disini atas dasar permintaan Pemerintah Desa Banjarwangunan, bahwa masyarakat banyak memerlukan perpanjangan SIM,” kata Beben.

Beben mengklaim selain atas dasar permintaan Pemerintah Desa, SIM keliling merupakan pelayanan prima Satlantas Polres Cirebon Kota dalam mengurangi mobilitas masyarakat. 

“Pelayanan SIM keliling ini untuk mempermudah masyarakat dalam proses perpanjangan SIM dan mengurangi mobilitas masyarakat ke Polres Cirebon Kota,” tutur Beben.

Sementara salah seorang warga Desa Banjarwangun yang tengah melakukan perpanjangan SIM, Muhammad Ayip Fathuroman (27) mengaku sangat terbantu dengan adanya pelayanan SIM keliling.

Ia menilai, pelayanan tersebut membuat masyarakat yang akan memperpanjang SIM tidak perlu jauh-jauh mendatangi Polres Cirebon Kota, khususnya disaat pandemi Covid-19. 

“Kami berharap pelayanan SIM keliling seperti ini jangan cuma sekali, kalau bisa rutin setiap tiga atau enam bulan ada di desa,” kata Ayip.