Kurangi Plastik, Toko Modern Kini Hadirkan Kantong Khusus Belanja

RMOLJabar. Untuk mengurangi penggunaan plastik, toko modern baik supermarket atau minimarket di Kabupaten Bandung kini resmi menghadirkan kantong khusus belanja.


Begitu disampaikan Bupati Bandung, Dadang M Naser saat launching program pembatasan kantong plastik di kawasan Rencong, Baleendah, Rabu (20/2).

Dadang juga mengapresiasi komitmen dari para pemilik usaha ritel di wilayahnya yang telah ikut serta menyiapkan kantong khusus belanja untuk para konsumen setianya.

"Alhamdulillah mereka men-support kampanye pengurangan plastik di Kabupaten Bandung. Dan toko-toko modern sudah menyiapkan tas pengganti (kantong) plastik," ungkapnya.

Orang nomor satu di ibukota Soreang itu memandang, dengan adanya pembatasan penggunaan plastik atau kresek masalah lingkungan dapat secara bertahap teratasi.

"Volume sampah yang dihasilkan juga akan berkurang. Bukan tidak boleh digunakan (plastik) ini tapi dikurangi. Karena jenis sampah anorganik susah terurai," katanya.

Lelaki yang akrab disapa Kang DN ini juga berharap program pengurangan plastik yang akan terus disosialisasikan bisa sebagai bentuk penyadaran kepada masyarakat.

"Sampah plastik juga kan kerap jadi pemicu banjir. Dengan program ini masalah itu dapat terminimalisir termasuk juga selaras dengan adanya program Citarum Harum," tandas DN. [gan]