Lahan Pemkot Ditata, Ratusan PKL Bubulak Bogor Ditertibkan

Penertiban PKL di kawasan Bubulak, Kota Bogor/RMOLJabar
Penertiban PKL di kawasan Bubulak, Kota Bogor/RMOLJabar

Ratusan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor diratakan petugas gabungan TNI, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor, Selasa (27/9). 


Kepala Bidang Trantibum Satpol PP Kota Bogor, Andry Sinar Wahyudianto mengatakan, penertiban di kawasan Bubulak ini ada sekitar 300 PKL. Dimana, para PKL tersebut biasa berjualan di atas lahan Pemkot Bogor dari Jalan Raya Cifor Bubulak hingga simpang Situgede. 

"Kita lakukan penertiban ini karena lahan milik pemkot rencananya akan dilakukan penataan yang dimulai dari Cifor sampai Situgede," ujar Andry kepada wartawan.

Pembongkaran ini, kata Andry, sudah sesuai tahapan di mulai sosialisasi hingga peringatan 1 sampai 3 dan pelaksanaan penertiban sudah banyak yang membongkar secara mandiri sekitar 60 persen dan sisanya 40 persen yang dibongkar hari ini. 

"Awalnya lahan milik kementerian kehutanan namun sudah diserahterimakan ke Pemkot, jadi sudah sah milik Pemkot. Dan lahan ini akan dibangun pedesterian serta jalur hijau ," katanya.

Dalam penertiban ini juga, lanjut Andry, dibantu TNI dan Polri. Kemudian diperbantukan juga menggunakan alat berat, sebab ada beberapa bangunan PKL yang semi permanen. 

"Bangunan yang semi permanen kita pakai alat berat. Kalau yang biasa, kita angkut menggunakan tangan. Pelaksanaan berjalan lancar, tidak ada perlawanan," pungkasnya.