Laporan Keuangan Partai Politik Harus Akuntabel

Pelatihan penyusunan laporan keuangan Partai Politik di Kuningan/RMOLJabar
Pelatihan penyusunan laporan keuangan Partai Politik di Kuningan/RMOLJabar

Partai politik harus memiliki keuangan yang akuntabel. Bendahara partai politik harus cakap membuat dan menyususn laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan.


Demikian disampaikan Kabid Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Kabupaten Kuningan, Elin Ratna Marlina pada kegiatan Pendidikan Politik Bagi Partai Politik, di Aula Rapat Cordela Hotel Jl Siliwangi Kuningan, Kamis (12/11).

"Kegiatan ini, kami menitik beratkan pada penyusunan laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan keuangan yang bersumber dari APBD. Sehingga, bendahara partai politik memiliki kemampuan dalam membuat laporan keuangan secara baik dan akuntabel," tutur Elin.

Sementara, Wakil Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen partai politik atas kontribusi dan partisipasi aktif dalam membangun Kabupaten Kuningan.

"Sehingga Kuningan mengalami kemajuan diberbagai bidang seperti, pembangunan, keamanan, ketentraman dan ketertiban yang mendukung terciptanya suasana kondusif dan menunjang visi Kuningan MAJU" ujarnya.

Ia mengatakan, terkait dengan bantuan keuangan bagi partai politik yang bersumber dari APBD yang diberikan secara proporsional, partai politik wajib membuat laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangannya.

"Sebagai upaya tertib administrasi dibidang keuangan, partai politik wajib membuat laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBD," pungkasnya.