Lembaga Studi Vinus Daftar Ke Bawaslu Untuk Jadi Pemantau Pemilu

Lembaga Studi Vinus/RMOLJabar
Lembaga Studi Vinus/RMOLJabar

Menjelang Pemilu Serentak 2024, Lembaga Studi Visi Nusantara (LS Vinus) berkunjung ke Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) dalam rangka mendaftar sebagai Peserta Pemantau Pemilu Nasional,Kamis (11/8).


Kehadiran LS Vinus diterima panitia pendaftaran di lobi gedung Bawaslu RI Tamrin Jakarta. Menurut Direktur LS Vinus, Deni Gunawan, semua berkas persyaratan telah lengkap dan diverifikasi lengkap oleh panitia.

"Ya benar, LS Vinus telah mendaftar sebagai lembaga peserta pemantau pemilu nasional. Berkas sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap. Tanda terima dari Bawaslu RI juga sudah kami terima. Jadi secara teknis LS Vinus sudah siap menjadi pemantau pemilu serentak 2024 secara nasional," ucap Deni di Gedung Media Center Bawaslu RI Jakarta.

Selain itu, menurut Deni, LS Vinus yang memiliki domisili di Kabupaten Bogor ini akan memantau empat isu pada pemilu serentak 2024. "Ada empat isu yang akan menjadi fokus kami dalam pemantauan. Pertama, pemantauan di seluruh tahapan pemilu. Kedua, kami akan memantau isu politik uang. Ketiga, isu SARA di media sosial. Dan keempat, isu politik anak," jelas Deni.

Basis pemantauan Pemilu LS Vinus akan dilakukan secara digital yang akan dilakukan oleh jaringan LS Vinus di seluruh provinsi di Indonesia.

"Sekali lagi, LS Vinus sangat siap menjadi peserta pemantau pemilu. Jaringan kami juga sudah siap senasional. Pada prinsipnya kami menggunakan pendekatan digital untuk mempermudah teknis pemantauan dan laporan. Selain juga efektivitas dan efisiensi menjadi prioritas kami," pungkas Direktur LS tersebut.

Hadir juga mendampingi Deni adalah penasihat LS Vinus, Ramdan Nugraha, Darda Dhamara, Rizki Riyanto, dan sekretaris LS Vinus Firman Firdianyah.