Maksimalkan Potensi SDM, Pemkab Majalengka Akan Bangun BLK

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Majalengka Sadili/RMOLJabar
Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Majalengka Sadili/RMOLJabar

Guna memaksimalkan potensi tenaga kerja yang dimiliki, Pemkab Majalengka berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK). Rencananya, pembangunan BLK akan dilakukan pada tahun 2021.


Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kabupaten Majalengka, Sadili menyampaikan, pihaknya saat ini tengah fokus pada pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang ada untuk menyambut semua program besar di Majalengka.

"Ya saat ini kita tengah menyediakan fasilitas yang mampu menunjang peningkatan kemampuan SDM kita dengan akan dibangunnya BLK tahun depan," ujar Sadili kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (29/09).

Dijelaskan Sadili, dengan akan datangnya program besar yang dihadapi Kabupaten Majalengka, sehingga mau tidak mau Pemda harus menyediakan sarana fasilitas yang bisa menunjang penyerapan tenaga kerja.

"Rencananya dengan adanya BLK nanti ada 10 program keahlian yang akan digenjot potensi kemampuannya," ungkapnya. 

Masih dikatakan Kadisnaker KUMKM, ke depan penyerapan tenaga kerja Majalengka bisa membantu pemerintah dalam menuntaskan angka pengangguran.

“Secara otomatis ketika kompetensi SDM kita mumpuni dan banyak terserap, maka angka pengangguran kita semakin kecil," tandasnya.