Maksimalkan Potensi Wisata Desa, DPRD Jabar Dorong Bantuan Anggaran

Komisi I DPRD Jabar saat meninjau keberadaan BUMDes Sugih Mukti di Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang/Istimewa
Komisi I DPRD Jabar saat meninjau keberadaan BUMDes Sugih Mukti di Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang/Istimewa

DPRD Jabar mendorong adanya bantuan anggaran untuk memaksimalkan potensi wisata di wilayah pedesaan. Sebab, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sugih Mukti, Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang kini tengah fokus mengelola desa wisata Cibitung Indah Waterpark.


Anggota Komisi I DPRD Jabar, Arif Hamid Rahman memaparkan, usaha dan aset pemerintah desa di daerah tersebut seluruhnya dikelola BUMDes demi mewujudkan kemandirian desa. Ia kagum terhadap niatan tersebut ditambah inisiatif BUMDes yang telah bekerjasama dengan ojeg online guna mempermudah akses menuju ke desa yang letak cenderung ke pelosok.

"Misalkan wisatawan ingin makanan khas atau hasil bumi yang dominan di desa ini tinggal menggunakan aplikasi. Contohnya kalau kita mau bawa oleh-oleh buah sawo, tinggal pesen melalui aplikasi. Artinya tidak perlu jauh-jauh ke pasar tradisional," paparnya, Rabu (16/6).

Selain potensi desa wisata yang sudah berjalan, ia melihat potensi lain yang dimiliki oleh BUMDes Sugih Mukti yakni dapat pionir untuk pelatihan. Pelatihan tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan bergantian di seluruh desa di Jabar. 

"Pelatihan lebih kepada motivasi bagaimana agar dapat menambah wawasan baru," imbuhnya.

Sementara itu, anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Situraja Utara, Sandi menambahkan, pihaknya menanti penyerapan program Dinas Pemberdayaan Masyrakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Jabar dapat tersosialisasikan dengan baik.

Pasalnya, desa tersebut sudah bermitra sudah cukup lama untuk mengembangkan BUMDes sehingga peninjauan dari Komisi I DPRD Jabar dapat menjadi pemicu. Pihaknya mengharapkan bantuan anggaran baik dari Pemkab dan Pemprov.

"Meskipun jauh dari perkotaan, kami ada niatan untuk meningkatkan perekonomian desa. Sehingga kami berharap adanya akses ke perbankan untuk mempermudah pengelolaan BUMDes ini," tutupnya.