Masyarakat Berusia 40 Tahun Ke Atas Diimbau Berolahraga Untuk Hindari Infeksi Covid-19 Saat WFH

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Unsur terpenting mencegah potensi penularan adalah dengan menjaga daya tahan dan atau kekebalan tubuh (imunitas), salah satunya dengan berolahraga. Pasalnya, kebijakan bekerja di rumah (Work From Home/WFH) di masa pandemi Covid-19 tidak menutup kemungkinan adanya potensi penularan.


Namun faktanya, masyarakat yang bekerja WFH selama masa pandemi seperti sekarang ini sulit menjaga kekebalan tubuhnya dengan olahraga karena aktivitas pekerjaan yang stagnan, alias kurang bergerak.

Demikian disampaikan Dokter spesialis olahraga, dr. Arie Sutopo Sp.KO, dalam diskusi virtual yang disiarkan akun Youtube BNPB bertajuk 'Beraktivitas dan Berkreasi Selama Pandemi', Sabtu (3/10).

"Jadi karena ada ketentuan mengenai WFH, jadi kalau hanya cuma kerja saja masalah timbul. Jadi kita mesti bergerak juga berolahraga," ujar Arie Sutopo, dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Pengajar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjabarkan, WFH dapat menimbulkan kekakuan pada otot-otot dan sendi masyarakat pekerja, terutama untuk mereka yang berumur 40 tahun ke atas.

"Nanti ngilu-ngilu semua habis kerja, semua sakit sendinya ngilu bangun susah," terangnya.

Untuk itu, Arie menganjurkan masyarakat pekerja bisa menyisihkan waktunya merenggangkan otot-otot dan sendinya dengan berolahraga. "Digerakkan, sedikit atau tanpa beban itu harus sering dilakukan," sambungnya.

Terutama, lanjut Arie Sutopo, untuk masyarakat pekerja umur 40 tahun ke atas yang memiliki penyakit bawaan (komorbid) jantung dan paru-paru dianjurkan olahraga kardio (olahraga aerobik) yang bisa dilakukan di dalam rumah.

"Itu harus, kalau enggak lama-lama orang tua 40 tahun ke atas darah tingginya naik, napas sesak apalagi datang di Covid-19 nih. Datang si Covid-19 masalah lagi ini, kita sudah punya masalah jantung sama paru-paru karena tidak bergerak jadi komorbid datang lagi (Covid-19). Jadi masalah timbul lagi," paparnya.

Oleh karena itu, Arie Sutopo menekankan pentingnya olahraga bagi pekerja yang WFH. Di mana berolahraga bertunjuan meningkatkan imunitas, dan akan percuma meskipun sudah menerapkan 3M, (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

"Jadi kita sudah pakai masker, jaga jarak, cuci tangan tapi kalau sampai covid masuk juga badan ini mesti punya tentara buat hantam dia (covid). Caranya dengan olahraga," katanya.

"Kalau kita bergerak di rumah atau olahraga itu daya tahan naik. Itu hebatnya. Kalau kita olahraga sedang atau ringan jogging, daya tahan naik, jumlah sel darah putihnya naik. Jadi begitu Covid-19 datang langsung dihantem sama si sel darah putih. Tapi kalau dia diam-diam saja tentara di dalam enggak naik," demikian Arie Sutopo.