Masyarakat Harus Bijak Gunakan Air

RMOLJabar. Wakil Bupati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di daerahnya untuk lebih bijak dalam menggunakan air.


Gun Gun juga meningatkan agar masyarakat sebagai pengguna air perlu terlibat dalam menjaga infrastruktur, sehingga kualitas dan kuantitas air di wilayahnya tetap terjaga.

"Dengan adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat, insya Allah kita semua dapat menjaga ketersediaan air untuk masa yang akan datang," ujarnya, Jumat (5/4).

Wabup menambahkan, bagi daerah yang belum memiliki sumber mata air dapat memanfaatkan air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik pemerintah.

"Namun, bagi daerah (Kabupaten Bandung) yang belum terakomodir oleh PDAM, dapat memanfaatkan air baku yang ada di dalam tanah membuat sumur," tutur Gun Gun.

Orang nomor dua di ibukota Soreang itu juga telah menginstruksikan agar Disperkimtan Kabupaten Bandung terus mengevaluasi daerah-daerah yang saat ini rawan air bersih.

"Sehingga ke depannya daerah tersebut bisa dijangkau oleh PDAM atau dengan pola pipanisasi yang bisa diakses masyarakat," ucap lelaki yang akrab disapa Kang 3G itu. [gan]