Meski Secara Virtual, Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di Ciamis Berlangsung Khidmat

Bupati Ciamis bersama jajarannya mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual/RMOLNetwork
Bupati Ciamis bersama jajarannya mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual/RMOLNetwork

Pelaksanaan upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur berlangsung khidmat.


Secara virtual, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun turut mengikuti upacara dari Ruang Video Conference (Vicon) Kantor Bupati.

Meski secara daring, jalannya upacara di Kantor Bupati Ciamis berjalan khidmat. Herdiat didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Pj. Sekretaris Daerah Toto Marwoto dan Para Asisten.

Tidak banyak yang hadir dalam upacara yang digelar serentak secara Nasional tersebut. Mengingat pelaksanaan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dalam upacara tersebut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Sementara pembacaan Teks Pancasila dilakukan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo. 

Selanjutnya, pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia dilakukan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) La Nyalla Mattalitti. Kemudian dilanjut pembacaan dan penandatanganan dilakukan Ketua DPR RI, Puan Maharani. 

Dijelaskan Humas Ciamis, Hari Kesaktian Pancasila resmi ditetapkan pada 1 Oktober 1965 di masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Setiap 30 September pun umumnya bendera dinaikkan setengah tiang untuk menghormati sejumlah perwira yang meninggal dunia pada insiden tersebut.

Lalu pada 1 Oktober, bendera dikibarkan secara penuh dan terdapat peringatan upacara Hari Kesaktian Pancasila yang biasanya diikuti oleh para pejabat negara.