Milad Eril, Jabar Bergerak Zillenial Gemakan Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan

Proses pengemasan paket sembako yang dibagikan Jabar Bergerak Zillenial/Ist
Proses pengemasan paket sembako yang dibagikan Jabar Bergerak Zillenial/Ist

Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) meneruskan aksi sosial dan jejak kebaikan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil melalui Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan (Geberkahn). 


Tepat di hari ulang almarhum Eril yang ke 23 tahun yang jatuh pada tanggal Sabtu (25/6), JBZ membagikan 10.000 paket sembako dan akan didistribusikan bagi yang membutuhkan di 18 kota/kabupaten di Jabar. 

Geberkahn itu pun selaras dengan amanat sang ayahanda yang menginginkan kebaikan-kebaikan almarhum Eril agar dilanjutkan. Apalagi semasa hidup, Eril dikenal sebagai pemuda yang dekat dengan kegiatan sosial.

Ketua JBZ, Nadzrizal Habib mengatakan, pihaknya mendapatkan bantuan dari donatur JBZ sebanyak 10 ribu paket sembako yang akan disalurkan serentak di 18 kota/kabupaten Jabar. Pendistrisibusian paket sembako dimulai dari titik kemas yang dipusatkan di Gedung Pakuan ke empat titik penyaluran paket pada Jumat (24/6) kemarin.

"Empat titik pusat penyaluran itu di JBZ Depok, Cirebon, Purwakarta, dan Kota Tasikmalaya. Pembagian paket sudah dimulai pada pukul 10.00 WIB Sabtu ini," kata Nadzrizal di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (25/6).

Selain 10 ribu paket sembako, terdapat tambahan bantuan lainnya seperti, ribuan nasi box, ice cream, paket kebersihan, bunga, coklat, dan lainnya. Pendistrisibusiannya pun melibatkan komunitas-komunitas sosial di daerah untuk sama-sama menyalurkan bantuan paket sembako tersebut. 

Kemudian, JBZ pun akan melakukan aksi sosial lainnya bersama Jabar Bergerak yaitu membagikan 150 nasi bungkus di kawasan Jalan Astanaanyar, Kota Bandung. 

"Kegiatan Geberkahn itu juga punya campaign, istilahnya, menebar kebaikan dengan cara apapun, dengan membantu orang tua menyebrang jalan pun dengan cara-cara lain. Jadi, selain kita membagikan sembako, juga ngadain campaign kayak gitu. Campaign udah diposting di IG JBZ dan itu secara berkala," tuturnya. 

Lebih lanjut, Nadzrizal menerangkan, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan pada momen Geberkahn saja. Pihaknya berencana menyasar orang-orang yang membutuhkan di sembilan kota kabupaten lainnya. 

"Insya Allah nanti Oktober akan ada kegiatan serupa," ucapnya. 

Menurutnya, adanya Geberkahn perdana ini diharapkan dapat menebar kebermanfaatan lebih luas lagi. Kemudian, bisa mengajak anak-anak muda (Zillenial) untuk bisa menebar kebaikan dengan cara apapun, kapan pun dan di mana pun, bahkan hanya dengan menebar senyuman. 

Nadzrizal mengaku dirinya banyak belajar dari JBZ untuk memaknai arti bermanfaat untuk sesama dan masyarakat luas. Terlebih dengan sosok mentor, almarhum Eril yang meninggalkan teladan untuk JBZ. 

"Sebenarnya banyak banget pesan A Eril ke Izal sendiri. Untuk JBZ ke depannya. Saya sendiri dari daerah Alhamdulillah banget dikasih kesempatan dan kepercayaan. Karena A Eril itu ngga memandang latar belakang yang penting selaras dengan visi misi JBZ," tuturnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Pendiri Jabar Bergerak, Atalia Praratya Kamil mengapresiasi insiatif ini dan berharap gerakan ini dapat diikuti oleh jejaring anak muda yang lain. 

"Kami mengapresiasi inisiasi JBZ untuk melanjutkan kebiasaan baik A Eril. Semoga bisa menjadi gerakan bersama yang diikuti oleh sebanyak-banyaknya anak muda Indonesia," kata Atalia.