Miliki Pasar Luas, Ekspor Kelapa Parut Kering Diharapkan Merambah Negara Lainnya

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, M. Arifin Soedjayana/Repro
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, M. Arifin Soedjayana/Repro

CV Una Surya Putra Mandiri mengekspor 23 ton produk kelapa parut kering atau desiccated coconut ke Kosta Rika.


Pelepasan ekspor kelapa parut kering dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Sebelumnya, CV Una Surya Putra Mandiri juga sudah mengekspor produk kelapa parut kering ke beberapa negara, seperti Tiongkok, Irak, Arab Saudi dan Ukraina.

Direktur Utama CV Una Surya Putra Mandiri, Yoga Prakasa mengatakan, kelapa merupakan salah satu produk yang hampir semua bagiannya bisa dimanfaatkan.

"Karena itu kami sangat tertarik untuk mengembangkan produk olahan kelapa yang berujung ekspor," ucap Yoga, Rabu (16/6).

Selain itu, produk kelapa tersebut juga memiliki pasar yang sangat luas karena banyak negara membutuhkannya. Sementara itu, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kelapa yang cukup besar.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Bapak Gubernur, Bapak Kepala Dinas dan semua pihak yang mendukung. Kami masih ingat, kami melepas ekspor ke Arab Saudi. Itu sangat disyukuri begitu banyak bimbingan dan dukungan untuk kegiatan usaha kami," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar, M. Arifin Soedjayana mengatakan, kegiatan ekspor diharapkan bisa menjadi pintu pembuka untuk ekspor produk kelapa parut kering ke beberapa negara.

"Mudah-mudahan ini adalah awal untuk melakukan ekspor khususnya kelapa parut kering," tandasnya.