Mulai Pekan Depan, Aa Umbara dkk Dipindahkan ke Rutan Kebonwaru Bandung

Aa Umbara Sutisna (kiri) dan Andri Wibawa (kanan)/Net
Aa Umbara Sutisna (kiri) dan Andri Wibawa (kanan)/Net

Para terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan barang bantuan sosial (Bansos) Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan dipindahkan dari Jakarta ke Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru, Kota Bandung.


Adapun mereka yang akan dipindahkan yakni Bupati Bandung Barat nonaktif Aa Umbara Sutisna, Andri Wibawa dan M Totoh Gunawan. Sebelumnya, mereka ditahan di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kuasa hukum Aa Umbara, Rizky Rizgantara mengatakan, selama ini Aa Umbara mengikuti sidang secara virtual. Pihaknya kemudian mengajukan pemindahan penahanan kepada Majelis Hakim dari Rutan KPK Jakarta ke Rutan Kebonwaru. 

"Ya barusan sebagaimana yang disampaikan majelis hakim, bahwa terkait permohonan pengalihan tempat penahanan sudah ditetapkan dan dikabulkan berdasarkan permohonan dari kami. Kami mencantumkan surat dari Kebonwaru (Rutan Bandung) yang memang menerima titipan tahanan sesuai fungsi rutan," ujar Rizky Rizgantara di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (8/9). 

Rizky menerangkan, pemindahan Aa Umbara rencananya baru akan dilakukan pekan depan. Dengan pemidahan tersebut, diharapkan saat sidang kembali digelar Aa Umbara sudah dapat hadir di persidangan. 

"Tekait teknis pemindahan, penuntut umum menyampaikan akan melaksanakan penetapan itu sebelum persidangan minggu depan, jadi sebelum sidang Rabu depan itu ketiga terdakwa sudah berada di Bandung," kata dia.

Iya meyakini, pemindahan Aa Umbara dari Rutan KPK ke Rutan Kebonwaru berdampak positif untuk memperlanjar proses pemeriksaan saksi. 

"Kami rasa positifnya ketika memang terdakwa hadir secara offline di ruang persidangan, karena seperti agenda hari ini sudah masuk keterangan saksi-saksi, jadi bisa lebih interaktif dalam menanggapinya, karena yang lebih tahu faktanya kan beliau," ucapnya.