Mulai UTBK-SBMPTN, Unpad Bagi 11.312 Peserta Jadi Dua Gelombang

Ilustrasi UTBK-SBMPTN/Net
Ilustrasi UTBK-SBMPTN/Net

Sebanyak 11.312 peserta bakal mengikuti UTBK-SBMPTN di Pusat UTBK Unpad mulai hari ini, Selasa (17/5). Unpad mengimbau peserta untuk menaati beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.


Koordinator Pelaksana UTBK Unpad, Inu Isnaeni Sidiq mengatakan, peserta UTBK-SBMPTN Unpad wajib membawa persyaratan kelengkapan yang sudah ditetapkan panitia.

Persyaratan itu di antaranya kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022, surat keterangan kelas XII atau keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022, ijazah yang sudah dilegalisasi bagi peserta lulusan 2020-2021, kartu identitas, hingga perlengkapan protokol kesehatan, yaitu penyanitasi tangan (hand sanitizer) dan masker medis cadangan.

Seperti diketahui, pelaksanaan UTBK Unpad terbagi dalam dua Gelombang. Gelombang I digelar 17-23 Mei, sementara gelombang II pada 28 - 31 Mei.

Ujian dibagi dalam 19 sesi. Satu hari ujian dibagi dalam dua sesi.

Untuk sesi pagi, peserta diwajibkan telah berada di ruangan ujian pada pukul 6.45 WIB. Sedangkan untuk sesi siang, peserta wajib berada di ruangan ujian pada pukul 12.30 WIB.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unpad digelar di 26 laboratorium komputer di kampus Jatinangor. Laboratorium itu berada di Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Gedung D Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Departemen Statistika Fakultas MIPA, dan Fakultas Farmasi.

"Untuk Informasi rute akses kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi masuk lewat pintu A, bisa juga masuk dari jalan raya Bandung - Sumedang dan Via Tol baru. Bagi peserta yang memakai angkutan umum dapat masuk dari pintu bawah (gerlam) nanti ada angkutan kampus yang beroperasi dari UTBK di mulai hingga selesai,” kata Inu seperti dimuat laman Unpad, Selasa (17/5).

Inu menjelaskan terkait ketentuan berpakaian selama mengikuti UTBK-SBMPTN. Hal utama yang harus diperhatikan adalah, peserta mengenakan pakaian rapi dan sopan, mengenakan kemeja, celana panjang tidak sobek, dan wajib menggunakan sepatu.