Musda MKGR Jabar: Momentum Kembali Ke Khittah Dan Menangkan Airlangga Hartarto

Ketua MKGR Jabar, Rahmat Sulaeman/Ist
Ketua MKGR Jabar, Rahmat Sulaeman/Ist

Sebanyak lima kandidat bakal bersaing memperebutkan tampuk kepemimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jabar periode 2021-2026.


Pemilihan ketua dan pengukuhan kepengurusan MKGR Jabar periode 2021-2026 bakal digelar melalui Musyawarah Daerah (Musda) yang akan berlangsung di Universitas Widyatama, Jalan Cikutra No 204-A, Kota Bandung, pada 17 Juni mendatang.

Kelima kandidat tersebut antara lain, Anang Susanto (Anggota DPRI-RI Dapil 2), Gumilar (Sekretaris DPD Ormas MKGR Jabar), Asep Suparman (Wakil Ketua MKGR Jabar, Wakil Sekretaris Pemenangan Pemilu Partai Golkar Jabar & Ketua Harian Bapera Jabar), Elita Budiati (Wakil Ketua DPRD Kabupaten Subang sekaligus Ketua DPD Golkar Subang) serta Djoko Roespinoedji (Bendahara Golkar Jabar).

Ketua MKGR Jabar, Rahmat Sulaeman menerangkan, Musda MKGR Jabar merupakan mekanisme yang digelar setiap lima tahun sekali. Namun pada kali ini, dirinya tidak akan mencalonkan lagi karena telah menjadi pengurus MKGR Pusat, sebagai Ketua Bidang Koordinasi Wilayah Jawa 1 (DKI Jakarta, Jabar dan Banten).

Rahmat meyakini, kader-kader saat ini bisa melanjutkan kepemimpinan dirinya dan bahkan lebih baik. Pasalnya, MKGR Jabar saat ini telah kembali ke khittah (arahnya) serta fokus pada pendidikan dan dakwah.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah penguatan Ormas MKGR. Jaman saya pencanangan kebangkitan MKGR. Kenapa karena waktu itu masih ada dualisme antara MKGR partai dan MKGR sebagai pendiri Golkar," ujar Rahmat, di Bandung, Sabtu (12/6).

"Kalau sekarang mudah-mudahan pencanangan kemandirian MKGR dengan dakwah dan pendidikan untuk menciptakan khittah pendidikan dan dakwah MKGR dalam suksesi Pilkada, Pileg, dan memenangkan calon presiden dari Golkar Pak Airlangga Hartarto, tahun 2024. Ini yang kita dorong wajib membesarkan Golkar,” imbuhnya.

Di samping itu, Rahmat menjelaskan alasan Musda kali ini digelar di Kampus Universitas Widyatama. Menurutnya, saat ini MKGR Jabar telah berhasil menyentuh generasi milenial dengan melakukan pendekatan pada kelompok kampus. 

“Alhamdulillah mereka menyambut baik. Kami yakin pelaksanaan Musda di kampus Universitas Widyatama diterima dengan hangat oleh kelompok mahasiswa, yang katanya jenuh dan jengah terhadap kepentingan Ormas dan organisasi kepartaian. Kita buktikan MKGR bisa masuk diterima oleh kelompok kampus,” kata Rahmat.

Sementara itu, salah seorang kandidat Ketua MKGR Jabar sekaligus Ketua Pelaksana Musda, Asep Suparman menerangkan, pemilihan ketua akan dilakukan melalui voting. Ada 30 suara yang akan memilih Ketua MKGR Jabar masa bakti 2021-2026.

Ia menambahkan, Musda MKGR akan dihadiri para utusan DPD Ormas MKGR dari 27 kabupaten/kota se-Jabar, pengurus MKGR Jabar, sayap MKGR, Gema MKGR, Himpunan Pengusaha MKGR, Perempuan MKGR, Germas MKGR dan DPP Ormas MKGR.

Selain itu akan hadir juga "inohong" Golkar, di antaranya Uu Rukmana (mantan Ketua Golkar Jabar), Dedi Mulyadi, (mantan Ketua Golkar Jabar, mantan Bupati Purwakarta) serta Akbar Tandjung (tokoh nasional Golkar yang pernah menjadi Ketua Umum Golkar dan Ketua DPR RI).

“Saat pelaksanaan nanti, kami akan melakukan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.