Musim Penghujan Datang Lebih Cepat, Kepala Daerah Di Jabar Diimbau Siaga Satu

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Istimewa
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Istimewa

Seluruh kepala daerah di Jawa Barat diimbau untuk mengecek kondisi daerahnya masing-masing, khususnya dari tingkat kerawanan bencana. Pasalnya, musim penghujan tahun ini diprediksi akan datang satu bulan lebih cepat dibanding biasanya.


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, kepala daerah harus meninjau setiap lokasi yang berpotensi rawan bencana. Ia meminta kepala daerah mengecek kondisi sungai, danau, serta wilayah yang berpotensi terjadi longsor.

"Yang terpenting titip ya, para kepala daerah siaga satu," kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil usai rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jumat (25/9).

Emil menjelaskan, yang menjadi dasar siaga satu yakni musim penghujan akan datang lebih awal satu bulan dibanding biasanya. Selain itu, saat ini Indonesia khususnya Jabar sedang dilanda musibah dobel, bencana alam dan bencana non alam pandemi Covid-19.

"Karena ujian dari Allah dobel, virus covid-19 dan kebencanaan yang biasa rutin memang setahun bisa dua ribu kebencanaan," ujarnya.

Oleh karenanya, tutur Emil, masyarakat harus tetap berhati-hati dan menjauhi potensi-potensi kebencanaan. Terlebih, pada Senin (21/9) lalu terjadi banjir bandang yang melanda 12 desa di kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

"Untuk bencana yang di Sukabumi sudah dibantu melalui Pak Wagub dan Kepala BPDB. Mudah-mudahan itu recoverynya cepat," pungkasnya.