Musra VII Banten Muncul Dukungan Untuk Airlangga, Pengamat: Ada Perubahan Karakteristik Pikiran

Airlangga Hartarto dan Jokowi/Net
Airlangga Hartarto dan Jokowi/Net

Relawan Jokowi sepertinya mulai merubah haluan. Setidaknya, di Musra VII Banten muncul suara yang ingin mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden Pilpres 2024.


"Ada perubahan pikiran karakteristik dan dukungan dari Relawan Jokowi kepada Airlangga. Ini bagus dan artinya positif bagi Airlangga,” kata Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu di Jakarta, Kamis (24/11).

Direktur Eksekutif Indoensia Political Review (IPR) ini menilai bahwa Relawan Jokowi melihat kinerja Airlangga sebagai Menko Perekonomian telah berhasil membatu Jokowi di pemerintahan.

Pergeseran dukungan ini wajar karena Jokowi sudah tidak bisa mencalonkan lagi di Pemilu 2024.

“Mungkin karena Airlangga dekat dengan Jokowi, bisa juga Airlangga dianggap mampu menjaga stabilitas ekonomi,” ujarnya.

Musyawarah Rakyat (MUSRA) ke-VII yang digelar di Serang Banten pada 20 November 2022, merumuskan sejumlah hal strategis dalam menyongsong Pemilu 2024. Salah satunya menghasilkan calon pemimpin nasional yang paling diharapkan rakyat.

Nama Airlangga Hartarto menjadi capres 2024 yang paling diharapkan rakyat.

“Airlangga Hartarto 515 suara atau 18,48 persen,” kata Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea dalam jumpa pers, Rabu (23/11).