Obon Tabroni Usulkan 23 Ribu Siswa Di Purwasukasi Dapat Kartu Indonesia Pintar

Obon Tobroni/RMOLJabar
Obon Tobroni/RMOLJabar

Anggota DPR RI dari Dapil VII Jawa Barat, Obon Tabroni, mengaku telah mengusulkan 23 ribu siswa di Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta untuk menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui Program Indonesia Pintar (PIP) pada tahun 2021.


“Alhamdulillah tahun ini ada sekitar 23 ribu siswa yang kita usulkan untuk mendapatkan fasilitas KIP,” kata Obon, Sabtu (15/5).

Menurut Obon, siswa yang diusulkan, terdiri atas pelajar SD, SMP, SMA/SMK sederajat. Setelah terverifikasi, nantinya bantuan akan diberikan langsung kepada siswa yang bersangkutan oleh Pemerintah pusat.

“Sekarang di kita masih proses input data sebelum nantinya diverifikasi oleh pusat,” tuturnya.

Diketahui, dengan KIP siswa SD, SMP, hingga SMA bisa mendapatkan bantuan hingga Rp1 Juta. Besaran dana bantuan yang digelontorkan pemerintah pusat berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan siswa.

Adapun penerima bantuan program ini untuk anak usia sekolah (usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam/musibah.

Serta juga diberikan kepada pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Melalui program bantuan ini, pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. 

“Jadi dengan adanya KIP ini kita berharap agar mereka (siswa-red) dapat tetap bersekolah dan jangan sampai ada yang putus sekolah,” tandasnya.