Pangdam III/Siliwangi Lantik 225 Prajurit Muda

Foto/Pendam III Siliwangi
Foto/Pendam III Siliwangi

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melantik dan Sumpah Prajurit Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD gelombang I tahun anggaran 2020.


Upacara pelantikan dan penyumpahan digelar secara virtual mengingat masih mewabahnya Covid-19. Padahal biasanya dilaksanakan secara terpusat di lapangan SECATA Rindam III/Siliwangi Pangalengan Bandung.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto sebagai inspektur upacara yang dihadiri Aspers Kasdam III/Slw, Komandan Rindam III/Slw, Kaajendam III/Slw dan Kajasdam III/Slw, serta puluhan Siswa Secata sebagai perwakilan yang akan di lantik dan disumpah, dilaksanakan di Aula Puskodalopsdam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Kamis (24/9).

Perlu diketahui, selain upacara dilakukan di Aula Puskodalops Kodam III/Slw, untuk peserta upacara lainnya pada waktu yang sama melaksanakan  di lapangan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi Pangalengan dengan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Hari ini, Pangdam III/Slw telah resmi melantik sebanyak 225 personel menjadi Prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dengan menyandang pangkat Prajurit Dua (Prada). 

Dari 225 Prajurit tersebut, selanjutnya akan mengikuti pendidikan lanjutan di kecabangan masing-masing diantaranya 79 Infanteri, 33 Kavaleri, 16 Armed, 10 Arhanud, 20 Zeni, 10 Peralatan, 23 Perhubungan, 13 Bekang, 1 Ajen, 10 POM, 9 Kesehatan, dan 1 personel masuk Topografi.

Pangdam III/Siliwangi berpesan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, ikuti protokol kesehatan yang berlaku yaitu dengan M3 menggunakan masker, mengatur jarak dan mencuci tangan. Tidak kalah pentingnya, siapkan fisik dan mental untuk mengikuti pendidikan lanjutan dikejuruan masing-masing.

"Setiap kegiatan lakukan dengan ikhlas dan semangat agar apa yang dikerjakan dapat menjadi ladang ibadah dan sebagai bekal pengabdian dalam pelaksanaan tugas di satuan," tegas Pangdam. 

Pelantikan ini ditandai dengan pelepasan tanda pangkat siswa dan pemasangan tanda pangkat baru Prajurit Dua (Prada), penyerahan Ijazah kepada perwakilan siswa, penandatanganan naskah serta pelaksanaan penyumpahan.