Pantau Kesiapan Posko Penyekatan, Wali Kota Bandung: Sudah Ada 17 Kendaraan Diputarbalik

Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar
Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial melakukan peninjauan langsung ke posko penyekatan. Setidaknya ada dua titik yang dipantau Oded pada Kamis (6/5).


"Alhamdulillah hari ini Mang Oded ada Pintu Tol keluar buah Batu, barusan tadi juga dari M. Toha," kata Oded di Pintu Keluar Tol Buah Batu, Kota Bandung, Kamis (6/5).

Oded mengungkapkan, dari laporan petugas di lapangan, ada sebanyak 117 kendaraan yang telah diperiksa. Dari jumlah tersebut, 17 diantaranya diminta untuk kembali ke daerah asal.

"Menurut informasi dari Kapolsek dan Camat, ada 117 yang diperiksa dan 17 yang diputarbalik," ungkapnya.

Oded berharap, pos-pos penyekatan yang didirikan berfungsi optimal. Meski begitu, Oded mengingatkan kepada petugas untuk menjalankan tugasnya dengan mengedepankan cara humanis.

"Saya berharap, mudah-mudahan pos ini betul-betul bisa efektif, efektif dalam arti kata tetap harus melaksanakan SOP, tapi tetap mengedepankan humanisme, tidak boleh ada kekerasan" harapnya.

"Berikan mereka edukasi agar mereka memahami betul-betul masuk ke Bandung itu harus taat aturan," imbuhnya.

Oded mengimbau kepada warga Kota Bandung baik yang berada di dalam maupun luar kota Bandung untuk dapat menahan diri dalam melakukan kegiatan mudik. Pasalnya, ada kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus Covid-19 jika kegiatan tersebut dilakukan masyarakat.

"Jadi Saya berharap kepada warga Kota Bandung baik yang ada di Bandung, yang mungkin mudik keluar saya tetap mengimbau bahkan melarang harus ada di rumah masing-masing. Juga kepada warga Kota Bandung, yang ada di luar, mohon melarang tidak masuk ke Bandung dulu," imbaunya.

"Saya khawatir, saat ini kata pak Sekda tingkat hunian isolasi sudah meningkat, ini baru satu hari. Meningkat karena berbagai variabel, saya khawatir mudik ini jadi salah satu pemicu," tandasnya.